Labels

.

.
Powered by Blogger.

Wednesday 20 February 2013

Cara Merawat Hamster


            Tidak Terasa sudah lebih dari satu tahun gue terjebak dalam kegiatan yang menyenangkan ini, “agak terdengar aneh ya terjebak tapi menyenangkan..???”. Yah….saat ini gue terjebak untuk memelihara hamster, 
"kenapa terjebak..?" 
karena niat awalnya hamster ini sebagai hadiah buat cewe gue bukan untuk gue pelihara, dan walaupun sekarang gue terjebak dalam hobby yang sebenarnya tidak gue inginkan, tapi sebagai pemula kemampuan gue cukup lumayan "hahahahah.....", di awali dengan empat ekor hamster sekarang sudah menjadi puluhan ekor hamster.

"yang gue takutkan adalah suatu saat hamster gue melakukan kudeta....militer"
"bisa-bisa jabatan gue sebagai majikan lengser...?
            Terus menerus menjalani kegiatan ini membuat gue jadi menyukai si curut hias ini (hamster), apalgi liat tampangnya yang innocent jadi hilang sesaat beban di otak gue. Selain itu merawat curut hias ini (hamster) cukup mudah dan tergantung dari selera, sebagai newbie gue ingin berbagi bagaimana cara merawat hamster, semoga berguna bagi yang terjebak sama seperti gue atau yang memang menyukai hamster :
1. Memilih Hamster
            Apakah ada syarat kshusu dalam milih hamster.? seperti harus ada BIBIT - BEBET dan BOBOT-nya. Tidak ada syarat khusus dalam memilih hamster, anda dapat memilih hamster sesuai dengan keninginan anda atau bisa lihat di artikel “hamster jenis dan sifatnya”. Kemudian pilih hamster yang sehat dan lincah, untuk persoalan ini bisa Tanya ke penjual atau anda bisa lihat sendiri kelincahan hamster, hamster yang sehat sudah pasti lincah dan lebih banyak bergerak. Dan disarankan untuk membeli hamster yang sudah dewasa dengan umur sekitar 2 bulan, karena hamster dewasa memiliki ketahanan tubuh yang baik dari pada hamster muda.
“atau anda bisa melakukan beberapa test seperti berhitung, menari salsa, salto atau melompat di dalam lingkaran api.”        
"tidak perlu memilih hamster yang cerdas karena kita membeli hamster bukan untuk dijadikan mata-mata (spy)".     
2. Jenis Kelamin Hamster
            Selain memilih jenis dan ukuran hamster pada saat membeli hal yang perlu di perhatikan selain itu adalah jenis kelamin hamster, meskipun hamster terlihat lucu dan imut-imut tapi tidak semua hamster yang dijual berjenis kelamin betina, setidaknya dengan mengetahui jenis kelamin hamster jadi tidak tertukar dalam penentuan nama hamster nantinya.
“kasihan kan kalo hamster jantan di beri nama Sutinah atau yang betina di beri nama blorok”.
Berikut adalah gambar jenis kelamin untuk hamster betina dan jantan :


"maaf kawan agak sedikit berbau pornografi...awas jangan sampe birahi ya..liatnya" 
dapat dilihat dari gambar di atas bahwa hamster jantan mempunyai alat kelamin yang berjauhan dengan anus, sedangkan hamster betina mempunyai alat kelamin yang berdekatan dengan anus. 
3. Membuat dan Memilih Kandang Hamster
            Home sweet home, tempat yang paling nyaman di Dunia ini adalah rumah, layaknya manusia hamster juga ingin mempunya tempat yang nyaman meskipun bukan di alam bebas, menurut gue dari pada di bilang rumah atau kandang gue lebih senang menyebutnya sarang hamster, berikut adalah cara memilih dan membuat sarang hamster :
hal - hal yang utama diperlukan dalam membuat sarang hamster
- kandang
- tempat minum
- tempat makan
- sebuk kayu / pasir
hal - hal tambahan untuk kandang hamster (untuk hal ini hanya optional boleh ditambahkan atau tidak)
- tempat bermain (roda berputar)
- pasir harum
- pipa atau terowongan
dalam pemilihan kandang untuk hamster tidak harus menggunakan kandang yang mahal, anda bisa membuatnya atau kalo gue sendiri menggunakan container box selain bagus harganya juga terjangkau.
kandang menggunakan container box

kandang beli di toko hewan

kandang dengan box ice cream

4. Pakan Hamster
              Agar hamster menjadi gemuk, montok, seksi, demplon, semok dan unyu-unyu pemberian makan yang sehat sangat diperlukan, tidak perlu mahal untuk membeli makanan hamster apalagi lebih mahal dari makanan yang kita makan yang penting kebutuhan gizi untuk di hamster terpenuhi. Kalo gue sendiri sering ngasih hamster gue makanan seperti ini :

1. Millet
Biji-bijian ini dapat dibeli di toko burung karena ini juga merupakan paka burung perkutut. harga perbungkus kecil Rp 5.000.
2. Konsentrat (PK merah)
Dapat dibeli di toko burung dan ikan, ini juga merupakan pakan ikan KOI PK merah bagus untuk hamster karena banyak mengandung protein, bungkus kecil Rp 5.000 unutk yang satu kilo Rp 12.000
3. Kuaci
Makanan kesukaan hamster, bungkus kecil Rp 4.000 kalo yang satu kilo gue lupa harganya.
4. Jagung
Ada yang dijual untuh atau sudah di haluskan, satu kantong plastik Rp 6.000.
5. Kacang Ijo
Mengandung banyak gizi, karbohidrat.
6. Kacang tanah
Mengandung banyak lemak yang dibutuhkan hamster.      
       
dari berbagai jenis makanan di atas tidak harus semuanya tersedia, karena yang hamster butuhkan adalah konsentrat dan biji-bijian jadi anda dapat membeli salah satunya saja. dan disesuaikan dengan isi kantong anda.

5. Cara merawat hamster
                OK hamster sudah dibeli, tinggal pilih mau yang jantan atau yang betina, yang kecil atau yang besar, kandang sudah di buat, 
"buatnya yang bagus ya...", 
makanan juga sudah di siapkan, sekarang bagaimana cara merawat hamster, tirai satu di buka, "jreenggg........". untuk merawat hamster gampang-gampang susah, hal yang inti adalah menjaga kebersihan kandang dan air minum.
Mencampur Hamster dalam satu kandang boleh tidak ya...?
                  Apabila anda suka dengan keramaian atau anda berpikir bahwa hamster akan lebih senang berkelompok untuk membuat arisan.
"padahal hamster aja belum tentu mikirin....."      
apabila anda membeli hamster dan ingin di campur sebaiknya anda membeli dari toko yang sama dan anda mengambil hamster dari satu kandang atau tempat yang sama di toko tersebut, karena apabila anda mencampurkan hamster dari kandang lain maka mereka tidak bisa akur, kecuali anda membeli dua hamster dengan jenis kelamin yang berbeda, tapi perlu di catat hanya sepasang apa bila anda membeli dua pasang dan salah satu di antaranya dari kandang yang berbeda maka tidak bisa di satukan, jadi untuk meminimalisasi bentrok susulan belilah hamster yang dari kecil sudah bersama.
"jadi inget kisah crayon shincan dan himawari..."
Membersihkan kandang hamster
                 Kandang hamster dapat di bersihkan satu dan dua kali seminggu atau tergantung dari jumlah hamster dalam satu kandang, apabila anda sibuk atau mempunyai penyakit malas kronis cukup satu kali seminggu dan apabila ada area serbuk kayu (banding) yang sudah basah tinggal di ganti dengan yang masih baru, hamster memiliki kebiasaan untuk buang air di satu tempat, biasanya mereka buang air di sudut ruangan kandang. 
"yang paling pentig adalah majikannya jangan sampe lupa mandi kasihan hamsternya kebauan..."
Pemberian Pakan dan air
                Beri makan dua kali dalam satu hari, atau pada saatn makanan telah habis karena hamster adalah binatang malam jadi gue sarankan makanan harus tersedia pada sore hari. untuk air bisa di berikan apabila di botol minum sudah habis.
selamat mencoba dan selamat terjebak dalam kegiatan yang menyenangkan ini.... rawatlah binatang peliharaan kita dengan baik karena gue yakin dia juga pasti akan mendoakan kita.

0 comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews