Labels

.

.
Powered by Blogger.

Wednesday 1 May 2013

Merawat Hamster setelah melahirkan


       Baru dua bulan yang lalu hamster gue yang abu-abu lahiran “dengan lancar tanpa cecar”, ehhhh….bulan ini udah lahiran lagi “lupa pasang KB kayaknya”, kenapa gak sekalian di bulan kemarin aja lahirannya jadi sekalian banyak kan rame tuh, kalo gue rasa ini anak hamster pada ngantri ya lahirannya “kuota tidak mencukupi jadi ikut kloter ke-dua”,  kalo gitu caranya serpertinya  gue harus siap-siap untuk dua bulan kedepan.


            Jadi ke inget waktu hamster pertama gue lahiran paniknya bukan main, jadi ceritanya pagi-pagi habis bangun tidur kebiasaan gue setelah itu adalah melihat hamster gue di kandangnya, waktu itu pikiran gue “takutnya ini hamster berubah jadi Tikus…bisa ajakan ternyata makeup nya luntur”. Pas gue pantengin di kandangnya gue liat kok dari bokong hamster gue yang warnanya putih ada benda berwarna merah, sempet kaget gue, dan gue kira itu kotoran, tapi kok guede banget dan kotoran kenapa warnanya merah, gak lama itu kotoran bergerak waaaaaa………….ternyata bayi, waaa......bayi berbentuk kotoran. Dari sana gue mendapatkan dua pelajaran:
1. ternyata hamster itu anaknya merah kayak tikus.
2. ternyata hamster yang putih itu betina (telat banget ya sadarnya)
Awalnya agak pusing ngurusnya, dan gak tau mau berbuat apa, dengan muka setengah kaget waktu itu gue Tanya nyokap gue.
Kapten: “bu…..hamsternya punya anak, gimana ya sekarang mau di apain”
Nyokap: *buru-buru liat ke kandang,
Nyokap : “kayak anak tikus ya bentuknya, bisa buat obat asma ni diminum pake air”
Kapten : “masa sieh gak percaya”
Nyokap: “coba aja kamu minum pake air”.
Kapten : *langsung lari ke WC dapet JACKPOT……….
 karena udah sering dan suka cari referensi, lama kelamaan gue sudah terbiasa, bagi yang baru punya hamster dan hamsternya lahiran ni ada tips sedikit dari gue cara merawat hamster yang baru lahiran.
1. Pisahkan dari sipejantan
            Setelah melahirkan pisahkan jantan dari si betina dan tentunya dari para bayi, dari info yang saya ketahui ada beberapa penjantan yang suka memakan anaknya sendiri, selain itu hal ini berfungsi agar si betina tidak stress, sifat alami binatang adalah akan meresa terganggu apa bila di dalam area tempat dia dan anak-anaknya terdapat hamster lain meskipun itu pejantannya, hal ini bisa mengakibatkan sibetina stress dan memakan anaknya sendiri.
2. Buat kandang senyaman mungkin
            Letakan kandang ditempat yang tenang dan agak gelap, atau tutup bagian kandang dengan kain atau Koran agar tercipta suasana seeprti di dalam liang, jangan terlalu sering di lihat karena akan membuat si betina stress.
3. Sediakan makanan yang banyak dan air
            Sediakan makanan yang banyak dan air untuk memenuhi asupan gizi sibetina karena dia dalam tahap menyusui, berikan daun katuk dan banyak protein serta makanan bergizi seperti apel, kembang kol, wortel untuk meningkatkan kualitas susu, tapi ingat jangan terlalu banyak cukup 3 hari 1 kali.
4. Kebersihkan kandang
            Untuk kandang sebaiknya jangan dibersihkan dahulu selama 2 minggu hingga tubuh si bayi cukup besar, kenapa…?, karena banding yang baru akan membuat induk hamster merasa bukan berada di tempatnya sehingga hamster akan stress dan akan membawa anaknya kesana-kemari “lebih terlihat seperti hamster lagi disco, bolak-balik”. Agar tida berjamur dan terlalu bau cuku ganti saja daerah yang basah karena kencing hamster dan menggantinya dengan yang baru atau menambahkan serbuk kayu.
5. Jangan menyentuh si bayi
            Dengan menyentuh si bayi sama saja anda menempelkan bau tangan anda apalagi anda habis cebok belum cuci tangan, hal ini juga dapat membuat si induk stress dan memakan anaknya, kalo mau memindahkan gunakanlah alat bantu seperti sendok.
6. Kapan kandang bisa dibersihkan.
            Kandang bisa dibersihkan setelah bayi hamster berusia 2 minggu tapi dalam usia ini anda masih harus menggunakan alat bantu untuk memindahkan si bayi.
7. Kapan bayi bisa melihat dan bisa di pegang
            Bayi hamster bisa di pegang setelah berusia 1 bulan. Karena sudah dapat melihat dan lancar berjalan, bayi hamster dapat melihat pada usia 14 hari dan makan pada usia 17 hari. Jadi berikanlah millet pada tempat makannya.



            Sekian tips dari gue, yang penting intinya adalah tekun dan sabar, dan kalo lagi liat hamster mukanya biasa aja jadi hamsternya gak takut, yang mukanya gak bisa beli muka yang rada lumayan lah.

11 comments:

  1. mau tanya anak hamster sya baru 14 hari apa serbuknya sudah bisa di ganti ? dan gpp kah kalo anak dan induknya di satuin sampe mereka besar ? soalnya yg jantan udh mati. tlong infonya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sory bro karena kesibukan baru bisa bales, sudah bisa diganti dengan banding yang baru, namun untuk lebih aman ganti saja sebagian banding yang lama dengan yang baru sehingga masih terdapat banding yang lama, box atau kandang tidak perlu di cuci.
      anak hamster bisa disatukan sampai mereka besar, tappi sebaiknya yang jantan dipisahkan karena apabila si jantan sudah masuk masa remaja (-+ 5 bulan) maka dia sudah siap kawin.
      maksudnya disini untuk mengontrol perkembang biakannya biar agan nanti tidak kesulitan untuk merawat jumlah hamster yang banyak

      Delete
  2. gan, saya punya 2 indukan betina yang sama sama lagi lahiran, beda 1 minggu aja anaknya, trus nanti anaknya kan harus dipisah sama induknya ya, klau digabung aja semua anaknya sama kedua indukan betina dan 1 pejantan gimana?

    ReplyDelete
  3. gan, saya punya 2 indukan betina yang sama sama lagi lahiran, beda 1 minggu aja anaknya, trus nanti anaknya kan harus dipisah sama induknya ya, klau digabung aja semua anaknya sama kedua indukan betina dan 1 pejantan gimana?

    ReplyDelete
  4. Mau tanya dong ka, hamster saya melahirkan 7 anak, ga pernah di pegang dan pakan saya kira cukup, kandang juga sudah di tutup kain.. Tapi kenapa pada mati ya ? Sisa 1 yang badannya paling besar ... Apalagi yang harus saya buat biar anak yang 1 ini tetep hidup :(

    ReplyDelete
  5. Aduh terlanjur ganti serbuknya gmana yaa.. pdhl baru lahiran kemarin. Apa pulangin lagi serbuk yg lama yaa?

    ReplyDelete
  6. Terinspirasi sekali dengan tulisan ini😍 saya baru saja kemarin mengalami kaget ternyata ada bayi hamster padahal saya beli 1 hamster betina aja.. beli satu dapat banyak .. dan ada 8 anak,, awalnya di makan 7 tapi di lepeh 3. Jadi tinggal 4 anaknya.. berharap ada kepentingan yang lain. Hahaaa..
    Tapi saya beri sawi sehari setelah habis lahiran ibunya selain pakan yang biasanya.. semoga ga apa".. nanti saya beri sayuran yang lain.

    ReplyDelete
  7. Ka hamster ku baru melahirkan tpi kenapa setelah sehari melahirkan induknya tidak mau makan badannya lemes banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bantu jwb nih gan, coba di beri hamvit kali aja induknya kurang vitamin yg bikin badannya drop

      Delete
  8. hamster saya ada 4 terus mau tak ganti pasirnya gimanaya

    ReplyDelete
  9. Mau bertanya.. saya tuh gatau kalau hamster saya hamil.. biasa ganti kandang itu 3 hari sekali.. kebetulan di hari ketiga agak kotor kandangnya pas mau diganti eh ternyata tuh hamster melahirkan anaknya 1 nah itu lebih baik ganti kandang atau ta biarkan saja ?

    ReplyDelete

 

Total Pageviews