Labels

.

.
Powered by Blogger.

Monday 29 April 2013

Cara Mengawinkan Hamster


            Awalnya gue beli empat pasang hamster, dua betina dan dua jantan di pisah di kandang yang berbeda, hari  demihari gue jalanin dengan santai dan polosnya gue gak tau tiba-tiba itu hamster satu bulan kemudian udah jadi 12 ekor hamster di kandangnya “apakah ini kutukan…..?”, dan otomatis sebagai newbie gue kelabakan, panic, sampai akhirnya gue mencret-mencret, timbul pertanyaan di benak gue “gimana nieh cara merawatnya…?”, atau gue daftarkan bayi-bayi ini ke GNOTA. Gue taruh kardus dan tinggalin di depan pintu tetangga gue dengan tulisan “please save my baby”, yang ada malah dimakan kucing,  Atau mengekspresikan diri dengan berteriak
“tidaaaakkkkk…….”.
“tikussssss………….”.
“lapaaaaarrrr……….loh..”.
            Gue kira waktu badannya bengkak itu karena dia kebanyakan makan, jadi ternyata hamil toh, waduh kecolongan gue.

Tapi dengan bertingkah liar seperti itu tidak akan menyelesaikan masalah, semua ini akibat ke kurang pahaman gue mengenai hamster jadi dengan belajar dan melakukan trial and eror akhirnya gue sekarang sudah bisa mengawinkan hamster dengan sukses, gak usah ribet dan hal-hal di atas tidak akan terjadi apabila kita sudah paham dan belajar mengenai hamster, mengawinkan hamster itu sebenarnya mudah, nie gue kasih tips dan trik cara mengawinkan hamster mini namun agak sedikit perbedaan antara jenis Robo dan Campbel.
Anda harus mengetahui kapan usia hamster produktif untuk di kawinkan, para hamster produkti pada bulan april – September, lalu bagaimana dengan bulan-bulan yang lain..?, hamster bisa kawin di bulan yang lain namun bayi yang dihasilkan tidak sebanyak di bulan dan masa-masa produktif. Kemudian kapan hamster bisa mulai kawin.
Campbell dan hamster mini lainnya
            Untuk hamster Campbell jantan dan betina sudah memasuki usia produktif pada umur dua bulan semenjak kelahirannya, pada saat itu adan sudah bisa mulai menyatukan betina dan jantan, memang tidak ada gejala-gejala fisik yang dapat memperlihatkan kematangan seksual hamster namun untuk lebih amannya anda bisa mengawinkannya pada usia 2 bulan. Untuk masa subur hamster Campbell adalah setiap 3 hari sekali



Robo
            Untuk hamster Robo jantan dan betina sudah memasuki usia kematangan seksual pasa usia 5 minggu namun untuk idealnya biasanya hamster robo baru bisa di kembang biakan pada usia 5 sampai 6 bulan, kemudian untuk masa subur yaitu setiap 4 hari sekali.
            Jadi biarkan hamster betina dan jantan bersatu sampai si betina benar-benar telah melahirkan dan jangan pisahkan mereka dan cinta mereka yang abadi.



Cara mengawinkan hamster
            Untuk lebih gampangnya gue jelasin tahapan-tahapan mengawinkan hamster secara bertahap agar lebih mudah di pahami.
1. Hindari Perkawinan sedarah pada Hamster (inbreeding)
            Sebagai informs saja banyak berita yang tersiar bahwa untuk hamster semua yang dikembang biakan kebanyakan hasil dari perkawinan sedarah atau inbreeding yaitu anak dengan orang tuanya atau saudara satu indukan, ayah dengan anaknya, namun itu tidak semuanya, memang di bandingkan hamster di alam liar agak sulit untuk menghilangkan inbreeding untuk hamster budidaya, kenapa inbreeding dihindari..?, hal ini dikarenakan mampu memicu adanya kelainan genetika pada bayi yang dihasilkan contohnya : premature, cacat lahir, dan lemahnya kondisi hamster dan itu bisa di liat di umur hamster pada saat 8 bulan.
Namun ada juga berita bahwa perkawinan dengan inbreeding tidak menimbulkan masalah pada hamster contohnya hamster gue karena ketidak sengajaan akhirnya sang anak (jantan) kawin dengan induknya (betina), namun hingga umur 8 bulan hamster masih dalam keadaan baik, semuanya di kembalikan bagaimana cara anda merawat induk hamster pasa masa hamil dan setelah melahirkan. Dan kasihi serta rawat mereka dengan baik apapun adanya mereka karena mereka adalah salah satu makhluk tuhan yang punya hak untuk hidup.
2. Menyatukan Hamster
            Cara untuk menyatukan hamster, cara pertama anda bisa membuat kandang khusus untuk mengawinkan, kemudian buat sekat ditengah-tengah hal ini digunakan untuk hamster Campbell karena sifat hamster Campbell yang akan bertengkar apa bila disatukan dengan hamster lain yang berbeda tempat atau bau, biarkan selama 1 minggu sampai betina dan jantan mulai terbiasa dengan bau mereka. Atau dengan mengoleskan bedak bayi pada kedua hamster (jangan sampai kena mata ya). Kalo pengalaman gue sih, gak perlu pake acara sekat, langsung aja gue jadiin satu kandang, awalnya kedua hamster akan bertengkar namun itu gak lama paling satu atau dua hari dan biasanya pertengkaran antara jantan dan betina tidak akan menyebabkan luka serius.
            Untuk hamster Robo anda bisa langsung memasukannya dalam satu kandang karena sifat Robo yang sedikit lebih jinak di bandingkan Campbell. Perlu diingat bahwa disarankan agar tubuh jantan lebih besar dari pada tubuh betina.


3. Agar Hamster si jantan cepat membuahi betina
            Setelah disatukan betina dan jantan akan melakukan proses pembuahaan, sebenarnya dengan insting mereka sendiri mereka sudah akan melakukan hal tersebut namun bagaimana caranya dengan pejantan dan betina yang masih baru dan pejantan yang masih muda, dari pengalaman gue, untuk mengawinkan hamster yang masih remaja agak terbilang sedikit sulit karena biasanya mereka lebih cenderung sering bertengkar sehingga sulit untuk bersatu, namun saya punya trik yaitu berikanlah pakan toge (tapi jangan terlalu banyak), berikanlah 5 batang tauge setiap 3 hari sekali, dan bimsalabim si penjantan sudah bisa membuahi betina dan menaklukan si betina, selain itu tauge dapat membuat sel telur lebih subur. Setelah itu stop pemberian tauge, karena pemberian tauge yang terus menerus dapat menyebapkan diare.
4. Tempat yang baik
            Tempat yang baik untuk mengawinkan hamster adalah tempat yang agak sedikit gelap dan tenang agar hamster tidak stress, kalo gue sieh gak perlu karena biasanya hamster kawin di malam hari, tau aja ya waktu lagi pada sepi. Setiap pasang harus ditempatkan di kandang yang terpisah.
5. Varian warna
            Keistimewaan hamster Campbell adalah mempunya lebih banyak warna, jadi gue bisa melakukan percobaan dengan mengawinkan warna-warna yang berbeda sehingga dapat menghasilkan warna yang baru. Keren kan.
6. Komposisi antara jantan dan betina
            Hamster jantan dapat dipasangkan dengan 2 – 5 hamster betina, sehingga sebenarnya anda tidak perlu banyak membeli hamster jantan, bahkan anda bisa memasukan satu ekor jantan ke dalam kandang yang ditempati oleh lima ekor betina, namun anda akan mengelami kesulitan pada saat para betina mulai hamil dan melahirkan karena hamster yang hamil dan memiliki anak akan mempunyai sifat lebih agresif sehingga bisa saling menyerang dan memakan anak dari betina lain. Sebaiknya pisahkan kandang sehingga hanya berisi satu betina.
            Selamat membangun koloni hamster yang sehat dan ceria, sayangilah hamster anda seperti anda menyayangi pacar anda, jangan takut hamster anda akan terlukan karena apabila jantan dan betina disatukan tidak aka menyebapkan luka serius karena si jantan akan lebih mengalah. Benar-benar hamster yang gentlemen.

89 comments:

  1. mauu nanyaa nih ..
    hamster saya udah saling akurr keduanya .. (jantan-betina)
    tapi kok udah sebulan lebih ngga hamil2 yaa betinanya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru chek blog, tergantung dari jenis hamster kalau robo memang agak lama, dan saya punya pengalaman, terjadi sama hamster saya sendiri, sudah 1 tahun di kawinkan tapi tidak kunjung hamil, dan setelah di chek ternyata si betina tidak bisa dibuahi, karena si pejantan sebelumnya sudah di tes dan bisa membuahi betina lain, saran saya coba di cocokan dengan pasangan lain baik jantan maupun betinnya

      Delete
    2. Permisi apakah hamster golden bisa kawin sama-sama jenisnya?

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Misi ... Mau nny juga ni,,untk hamster betina jenis campbell dapat lahiran berapa kali ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jenis campbell, yang betina bisa lahiran berkali-kali selama usia pada massa produktif, kalau hamster betina saya masa produktifnya bisa sampai 1,5 tahun, namun sebaiknya biarkan si betina selama 2 sampai 3 bulan setelah melahirkan, untuk siap di buahi lagi, jangan lupa diberikan pakan yang bergisi untuk menjaga kondisi si betina.

      Delete
  4. Permisi,mau nanya nih,selain memberikan bedak bayi pada tubuh hamster,ada kah cara lain agar hamsternya terpikat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemberian pakan tauge.maksimal 5 buah perhari

      Delete
    2. Gan blognya masih aktip kah? Ane mau nanya nihT_T

      Delete
  5. Mau tanya, kalau tipe hamster golden red eye punya saya kok tidak punya-punya anak ya? umur kira" sudah 7bulan, apa tipe tersebut lama untuk hamilnya atau memang tidak bisa mempunyai anak ya?

    ReplyDelete
  6. Kaka boleh nnya gk, kan hamster saya Ada yg robo end Campbell trus sy kawinin bisa gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan gan....robo dan cambel itu beda jenis jadi gak bisa di kawinkan, kalau pun bisa nanti anak hasil perkwinan akan mengalami cacat bawaan.

      Delete
  7. misi mau nanya,,hamster sya,saya gabungin bru aja satu mnt uda klai ampe yg betina telinga nya berdarah,,jdi gimana nih solusinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp gan, memang biasanya satu dua hari seperti itu, coba di lakukan pegawasan kalau sudah lebih dari 4 hari masih seperti itu langsung saja di pisah, jangan lupa pada waktu proses penyatuan hamster, diberikan toge, maksimal sehari 5 buah

      Delete
  8. untunk pengawinan berbeda jenis hamster bisa gak ya gan?

    ReplyDelete
  9. misi mau nanya kalau makanan bayi hamster yang baru lahir yang sehat apa yah !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. biji bunga, yang biasa buat makanan perkutut, dan kacang hijau

      Delete
  10. kakak hamster aku di satuin malah pada berantem , sampai yg betina kaki nya berdarah . itu gimana cara kawin'in nya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hamsternya jenis apa?kalau cambel memang seperti itu di hari pertama, biarkan aja selama 5 hari, rutin berikan tauge sehari 1 kali lima batang, kalau memang 5 hari masih seperti itu ganti dengan pasangan yang lain. kalau bisa yang jantan lebih besar dari yang betina. dan umur mereka tidak terlampau jauh perbedaanya

      Delete
  11. Ka,, kalau yang snow.gimana? Apa sama kayak.campbell?

    ReplyDelete
  12. Kak, kok hamster winter white golden black eye betina ku galak amat ya, setiap disatuin am jantan tipe ww pada berantem terus, dan yg jantan nya pada takut gmna tuh kak?cara naklukin betina yg kya gtu. Apa harus jntan yg tangguh?
    Dan bdn nya lebih besar?

    ReplyDelete
  13. Nanya dong kalo hamster campball bisa kawin ga sama hamster winter white? Sama" udh dewasa sih.. cuma dy berantem terus.

    ReplyDelete
  14. Kak, hamster yang galak itu biasanya apa ya?

    ReplyDelete
  15. mau nanyak ni bang ..
    aneh punya sepasang hamster trus aneh gabungin jadi satu sehingga beranak 2 kali ..

    truss aneh beli hamster sepasang kali ..
    eh ternyata hamster yang baru aneh beli tu dua"nya betina kan gan ..
    truss aneh satuin sama hamster lama aneh ..

    kenapa ya gan hamster lama aneh nyerang hamster baru tu sampek berdarah'

    ReplyDelete
  16. Gan klo kawin kroyokan bisa gak yaa . kasih tips nya dong..

    ReplyDelete
  17. ditaburin bedak kayaknya si jantan masih kurang tertarik nih.. kalo dikasih minyak wangi boleh gak kak?. hihiiii...

    ReplyDelete
  18. kak punya aku malahan jantan nya di makan sana hamster betina nya

    ReplyDelete
  19. Kak kalo si betina (camball) sama cowo nya juga (camball) nah udah berhasil kawin tuh yg cewe lagi hamil sekarang,pertanyaan nya si jantan nya di pisahin (kandang) jngan sama si betina yg lagi sedang hamil??

    ReplyDelete
  20. maaf untuk bebebrapa alasan yang tidak urgent baru sempat balas
    @muhammad : dipisahin aja, takutnya si jantan jadi kanibal.
    @robbin : hamster lo kena sindrom emansipasi berlebihan.
    @melissa : boleh juga asal jangan pake minyak goreng terus ditempungin.
    @Gito : bisa bro tapi khusus buat pejantannya biasanya satu penjantan bisa 4 betina, tapi tetap pada proses perkawinan jangan dijadikan satu.
    @ananda : itu karena hamster yang baru mempunya bau yang berbeda dengan hamster yang lama jadi hamster lama menganggap bahwa itu bukan dari koloni mereka.
    @anonim : hamster yang lagi dateng bulan.
    @nicalea : susah banget dan cenderung gak mungkin, bahkan bisa cacat anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka aku mau tanya dong aku punya robo betina syiran jantan kira* bisa menikah ga? Soal nya aku 1'n mereka tapi bobo nya gak pernah bareng kenapa ya?

      Delete
    2. Taugenya tu 5perhamster atau 5 untuk 2hamster

      Delete
  21. yang dikasih toge dua-duanya jantan sama betina???

    ReplyDelete
  22. O iya permisi mau nanya juga klo yang hamster syrian itu cara biar cepet punya anaknya gimna sih??? udh dikawiniin nih tpi blom punya anak juga,hhe tau gk caranya??

    ReplyDelete
  23. Hamster aku juga yang syrian betinanya lgi hamil terus dia kejar-kejar cowonya, kakinya sampai berdarah, itu harus dipisah ya !?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @debby jawaban pertanyaan yang pertama : iya dua-duanya deb
      pertanyaan yang ke-dua : sama aja intinya deb untuk semua hamster
      pertanyaan yang ke-tiga : sory agak telat mungkin sudah dipisah ya hamster, iya sebaiknya dipisah

      Delete
  24. bro hamster saya udah i bulan di satuin gak berantem dan gak mau hamil hamil.. saking pening nya saya beli lagi betina yang lgi hamil.. solusi jitu biar hamil gimna , kox adem ayem sampe sekarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @amien : gue juga pernah mengalami situasi serperti lo bro, kemungkinan salah satu hamster nya ada yang tidak subur, kalo gue waktu itu buat mengetahui siapa yang tidak subur, gue coba bertukar dengan pasangan hamster yang lain dan ternyata dari hasil percobaan tersebut terbukti bahwa hamster betina yang mandul.

      Delete
  25. Goes gue mau tanya . Kalo dalam 1 kandang itu 2 jantan 3 betina bisa gak ? 1 jantan winter sama campbel . Dan 3 btina winter , panda , campbel biasa . Gmna tu goes ?? Trus cara kawinin syrian gimna ?? Soal nya gue baru beli tipe ini ... Di tunggu jawawan pasti loe goes .. Thanks

    ReplyDelete
  26. kak mau tanya , kan hamster aku jenisnya syirian , waktu setelah beli aku gbungin jdi satu mreka masih diem diem aja tapi setelah berminggu minggu kok malah berantem terus knpa ya ,?? akhirnya aku pisah seminngu lanjutnya aku gabungin lagi , tetep brantem >?? itu knpa ?? mohon penjelasannya :) trmaksih..

    ReplyDelete
  27. jenis hamster yang mudah di kembang biakkan dan gak terlalu agresif itu jenis hamster apa gan???

    ReplyDelete
  28. gan,jenis hamster saya campbell.kenapa saat saya gabungkan si betina yang mengejar si jantan bukankah harusnya sebaliknya??

    ReplyDelete
  29. mau tanya, hamster ku itu kan abis selesai kawin nah setelah kawin itu (hari ketiga) si betina lesu banget, itu kira kira knp ya? itu penyakit atau bkn? mohon jawabannya trimakasih...

    ReplyDelete
  30. mau tanya, hamster ku itu kan abis selesai kawin nah setelah kawin itu (hari ketiga) si betina lesu banget, itu kira kira knp ya? itu penyakit atau bkn? mohon jawabannya trimakasih...

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Klo hamster nya berdarah itu lebih baik di apain ???

    ReplyDelete
  33. bro mau nanya nie..
    knp ya udah 3x hamster sy melahirkan tp biar 1 gak ada anaknya yang bisa hidup..
    trus udah di pisahin sama jantannya tetap aja gak ada yang bisa hidup..
    tolong di bantu sarannya gan..

    ReplyDelete
  34. Mau nanya nih ? Kan betina+jantan di satuin nahh truss 1 hari maksimal 5 touge kalo yg betina nya makan jga gmana tuhh ?

    ReplyDelete
  35. Kalau perkawinana silang dri jenis yg berbeda bisa gak yha ?

    ReplyDelete
  36. Kalau hamater nya saudara (se induk yg jantan sma yg berina)bisa ngg/boleh ngg

    ReplyDelete
  37. Kalau hamster nya saudara( se ibu dan se ayah)bsa ngg dikawinin/boleh nhg dikawinin

    ReplyDelete
  38. Saya mau nanyak ini soalnya saya beli hamster winter (jantan dan betina) waktu saya beli itu umurnya sudah 2bulan, dan sudah saya pelihara juga 2bulan lebih. Tapi kok belum hamil ya?

    ReplyDelete
  39. saya mau nanya kalo hamster gk mau menyusuii anaknya itu kenapa ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan induknya lg hamil susulan lg.. Atau ada bau2an lagi dari anaknya

      Delete
  40. gue yadi gan, mau tanya nih, ane punya jenis campbell (betina) di kawinin sama campbell panda (Jantan) bisa ga ya ? di kejar2 mulu betina nya sampe mulut nya berdarah, takut nya ga bisa, newbie nih lagi belajar ternak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo panda emang galak bnget gan, ane berhasil ngawinin campbell biasa ama panda(betina).. Dan dpt 6 ekor anakan.. Sehat udah umur 6 minggu.. Kalo misal ampe berdarah parah hindarin gan... Oiya pas kawin jangan lupa ditutup kain gelap

      Delete
  41. Mcm mana mau kwinkan hamster campbell betina dan hamster whinter white jantan ya g mna caranya??

    ReplyDelete
  42. Mcm mana mau kwinkan hamster campbell betina dan hamster whinter white jantan ya g mna caranya??

    ReplyDelete
  43. Kak mau tanya, hamsterku betina dan jantannya jenis winter white kira kira bisa kawin gak? Aku taro 2 betina dan 1 jantan di 1 kandang yang sama tapi tiap yang jantan ngedeket yang betina selalu ngedecit jadinya yang jantan kabur lagi. Mohon solusinya ya kak. Thanks.

    ReplyDelete
  44. Kak, mau tanya punyaku winter white, jadi yang saya tanya itu hamster punyaku bisa hamil di umur brp ya ?...

    ReplyDelete
  45. Bro mau tanya.. Klo di dlm kandangnya ada jooging wheel gpp?
    Atau sebaiknya disingkirkan?

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. kak kalau hamster panda biasanya kawin mulai umur brapa?

    ReplyDelete
  48. mau tanya juga ni..hamster yg telah melahirkan...brp lama waktu untuk melahirkan lagi

    ReplyDelete
  49. min, klo hamster campbell dikawinin sama golden red eye bisa gak?

    ReplyDelete
  50. Gan ane mau nanya cara ngawinin hamster campble sama golden bisa gak di kawinin??

    ReplyDelete
  51. Gan ane mau nanya cara ngawinin hamster campble sama golden bisa gak di kawinin??

    ReplyDelete
  52. hay slm knal. sy bru pertma px hmster.. sy psen sma abang pnjual.. smnggu kmudian hmster dtg.. sy g bs mlih.. sy cuma psn yg jnis campbell.. dn dy bwakn cmpbell dgn warna beda dn wrna mta beda htam dan merah.. saat mlm mreka mulai mnjelajah kndangx.. mreka jlan bertemu dan merah mncicit sy diamkn mngkin brcnda.. dan tekdng se merah ngikuti pntat yg hitam msuk home dan merah mncicit.. apa kawin ya itu.. sy biarkn jg.. saat tngah mlm merah mncicit nyaring sy bngun dan lihat trnyata merah sudh terluka d bagian tlinga.. apa mreka brkelahi..?? akhrx sy pisahkn.. sy bingung bedain mreka dlm brcnda/kelahi/kawin.. apkh sma jenis campbell v beda wrna dan mata bisa disatukan dan kawin..?? apa yg hrus sy lakukan trhdp lukax.??

    ReplyDelete
  53. Hamter ane cuman jilatin kelamin pasangannya.tapi ngak ad aks tungang tungangnya.udah satu bln lebih ngak ad tamda tanda kehamilan sama sekali

    ReplyDelete
  54. Saya punya hamster tapi kok gak mau nikah ya apa karena si betina lebih besar dari pada si jantan hamster saya sejenis Campbell tolong di jawab ya tri'ms

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Ka.. Hamster aku jenis robo, waktu hari pertama aku satuin mereka ga berantem, nah malah setelah hari ke 2 atau 3an mulai berantem. Itu kenapa ya? Apa tanda2 mau kawin atau gimana?

    ReplyDelete
  57. gan, anak dari campble betina dengan winter golden red eye apa ya?

    ReplyDelete
  58. Aq punya hamste ww pearl red eye..dia pinya kemluan berdarah ya..knp hitu ya ?

    ReplyDelete
  59. Mau nanya dong, tolong dijawab. Kemarin aku liat hamsternya kawin 2 hari. Tapi sekarang udah 5 hari kok belum keliatan hamilnya ya? Atau gabisa Hamil?

    ReplyDelete
  60. Kak mau tanya.. aku pnya hamster hybrid ma panda gk sngaja aku kawinin dn mreka sling mrespon prtanyaan saya katanya kawin silang itu gk boleh ? Tpi klo udh trlanjur gmna ? Dn mreka sdah sling mrespon..

    ReplyDelete
  61. Gan klo untuk jenis robo,setelah melahirkan,juga harus tetep dipisah ya ?? Thanks

    ReplyDelete
  62. Kak ,kan aku beli hamster campble warnanya abu2 sma warna putih kepalanya agak kuning . Nah pas di satuin berantem terus tadinya mau di kawinin tiap mlm suka berantem . Apakah perbedaan warna jdi halangan ?

    ReplyDelete
  63. Kak mau manya hamster aku syirian yang jantan umurnya kurnag lebih 2 bulan
    Yang betina lebih tua itu bisa kwin gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja ka, asal ukuran sama selisih umurnya ga terlalu jauh

      Delete
  64. Kak hamster saya udah dari januari beli... pas beli masih kecil banget kayaknya belum ada seminggu... ya saya campur jadi satu selama itu... dan saya nggak tau birahinya itu ciri-cirinya gimana... jenis hamster winter white

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang jantan itu ada bijinya ka, untuk lebih jelasnya bisa diliat di youtube udah banyak video penjelasannya

      Delete
  65. Kk q baru beli hamster Syrian long hair Dan Syrian satin, kira2 bisa kah d kawin Kan Dan klo bs butuh berapa lama supaya bs kawin,karena mereka bukannya kawin malah guling2n ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya kalo satu species, bisa ka

      Delete
  66. Kak mau nnya dong , aku pnya hamster jenis dominan panda sm campbel biasa
    Bisa nggak kalo dikawinin soalny udah dewasa semua

    ReplyDelete
  67. Misii mau nanyak,,klok hamster jenis campbell umunya dikawinkan umur brp?

    ReplyDelete
  68. permisi kak, mau nanya... aku ada hamster robo ni, sepasang dan udah lama disatuin kandangnya, dari pertama kali beli udah langsung satu kandang. udah sekitar 11 bulan dibelinya. belinya pas umur dia 2 bulan kata penjualnya. nah akhir" ini si jantannya udah keliatan tanda" mau kawin kak... sepertinya keduanya juga udah masuk usia kawin kak, kalo kata aku si, eheh. soalnya udh lumayan tua kan.. tapi habis kawin, betinanya berdarah dari kelaminnya kak :( pertama kali berdarah aku anggepnya, gapapa lah baru pertama kawin.. eh ternyata beberapa bulan setelahnya berdarah lagi betinanya, tapi ga terlalu banyak dan ga keliatan sakit juga dianya, masih lincah aja. habistu baru banget Minggu lalu dia berdarah lagi kak, kira" jarak berdarah kedua ke ketiga sekitar 2-3 Minggu. jadi total berdarah nya 3x. tapi yang ini darahnya banyak banget, pas aku cek kelaminnya juga, menggumpal darahnya disana T^T terus dianya jadi lemes banget, ga nafsu makan, ga kaya berdarah sebelum"nya yang tetap lincah... akhirnya aku pisahin kandangnya sampe hari ini, seminggu. nah sekarang ni, aku coba satuin mereka di selain kandangnya. eh si betinanya ngejar" jantannya kak, si jantannya juga mau kawin kan pas ketemu betinanya. tapi pas jantan udh mau kawinin, betinanya ngamuk, padahal sebelumnya dia yang ngejar" jantannya. gapaham mau dia apaan kak beneran deh cewe susah banget dimengerti T^T. tolooong si betinanya maunya apasi kaak, trauma takutnya berdarah banyak lagi kaya kemaren kalau digabung. kira" dia udah siap kawin dan bakal berdarah lagi ga ya kak kedepannya :( serem, takut sakit kenapa" T^T

    ReplyDelete

 

Total Pageviews