Labels

.

.
Powered by Blogger.

Wednesday 13 February 2013

Sepeda Hobby Yang Menyehatkan

         Setelah cukup lama tidak lagi membuat kegokilan dengan tulisan, sekarang, gue “kapten mucel kembali hadir di dunia pergokilan “I’m back hi…hi…hi…hi” (meringis kucing), kalau di hitung-hitung dengan menggunakan sempoa sudah cukup lama juga gue tenggelam dalam lautan kesibukan yang tak kunjung surut, apa boleh dikata tuntutan kerjaan yang mengharuskan gue kerja keras, banting tulang, jungkir balik, salto bolak-balik, ditambah lagi tugas kuliah juga lagi banyak. Hal itu semua membuat otak gue mengalami syndrome kurang bahagia (SKB) tingkat sedang, menurut seorang pakar dan ahli urat syaraf Ki Asgar (Asli Garut) yang berprofesi sebagai dukun urut dekat rumah gue, hal tersebut masih bisa di obati, meski terdengar agak sedikit janggal, sepertinya itu dukun ingin gue tetap memiliki harapan untuk bahagia, sungguh sebuah harapan kosong dari seorang dukun urut (Sia-sia). Namun ditengah-tengah kekacauan logika yang sedang melanda pikiran gue, sekarang gue jadi mempunyai hobi baru.

“Mau tau hoby gue apa…?”
“mau tau banget atau mau tau aja…?” (jadi sedikit alay akibat menderita SKB)
Kalau mau tau ini dia hoby yang saat ini gue jalanin, hobby gue itu adalah bersepeda, sebenarnya hoby bersepeda yang gue jalanin saat ini bukan merupakan hal baru lagi di kehidupan gue, dahulu kala waktu jaman-jamannya gue masih pake setelan kemeja putih berlogo tutwuri handayani pada saku sebelah kiri bagian dada dan bercelana pendek merah di atas lutut sampai setelan putih abu-abu setiap harinya selalu tidak jauh dari suara gear dan rantai yang berdecit saat berpindah ruas, apalagi kalau bukan sepeda, namun bedanya jaman dahulu dan yang sekarang adalah. Masalah kebutuhan, jaman dahulu bagi gue bersepeda adalah sebagai transportasi “maklum uang jajan gue yang tiap hari bikin tangan ini mengelus dada dan menggelengkan kepala gak cukup buat naik kendaraan umum, terkadang gue duduk dipojokan ruang kelas menunggu belas kasihan teman-teman biar gue bisa jajan “so pity”. pada waktu itu gue berpikir lebih baik uang jajan gue kumpulkan buat beli buku comic dari pada habis buat makan (merelakan perut lapar demi kebijakan yang sembrono sungguh pilihan masa kanak-kanak yang bodoh), “nah…” kalau yang sekarang bersepeda bagi gue adalah hal yang menyenangkan,
“cukup senang deh”
“eh kayaknya lumayan senang”
“sedikit ada rasa senang juga tapi capeknya dapet….”
“jadi apa ya…?” (berpikir keras sampai akhirnya tertidur di depan komputer)
(setelah 2 jam tertidur )
“gak apa deh kalo capek pada akhirnya jadi sebuah kesenangan..semua itu akan menjadi kepuasan”. (hanya menjadi satu baris jawaban dengan kata-kata yang sederhana, 2 jam yang terbuang percuma).
            Kembalinya kinginan gue untuk bersepeda tidak datang dengan sendirinya dari dalam hati gue yang paling dalam yang menurut gue dalamnya sekitar…..1,5cm, kurang lebihnya 1cm (itulah dalamnya hati orang yang berpikiran sempit), hal ini juga mendapatkan dorongan dari temen kuliah gue yang memang suka akan sepeda dan senang bersepeda, Coco adalah nama panggilannya tapi jangan pernah untuk berpikir bahwa orangnya seimut dengan namanya, tapi yang jelas temen gue yang satu ini bukan seorang Alay, yang gemulay, meskipun jarang dibelay alias masih jomblo, eiit tunggu dulu biar gini-gini dia itu bisa disejajarkan dengan para jomblo-jomblo kelas atas, masalah kepintaran otak doi 100% encer kadang-kadang saking encernya, itu otak suka keluar lewat kuping “luar biasa menjijikan….”, udah gitu kalo perawakan bisa dibilang macho deh, pokok ke ma…cruut……., dia juga adalah salah satu makhluk unik yang pernah gue kenal setelah hamster gue si kliwon yang mati keracunan gara-gara memakan kotorannya sendiri. Pokoknya gue kasih 4 jempol buat dedikasi temen gue yang udah membangkitkan kenangan masa-masa kecil gue dengan sepeda. “makasih coco”
            Selain sebagai hobby sepeda juga mempunya berbagai manfaat, sekarang akan gue ulas manfaat dari bersepeda.
1. Jantung menjadi sehat
Dengan besepeda detak jantung akan mengalami peningkatan hingga nafas menjadi berat, itu membuat sirkulasi darah meningkat dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas dan penyakit jantung.
2. Terhindar dari obesitas
Bersepeda dapat membakar kalori hingga 300 kalori tiap 30 menit. ini terbukti sangat efektif dalam program penurunan berat badan.
3. Meningkatkan mood
Beberapa penelitian menujukkan bahwa bersepeda terbukti efektif dalam mengurangi stres dan depresi. Selain itu, kegiatan ini juga bisa bantu tingkatkan rasa percaya diri dan buat anda lebih menghargai diri sendiri.
4. Badan menjadi kuat
bersepeda juga bisa meningkatkan stamina dan memperkuat otot-otot sehingga dapat menjaga keseimbangan dan stabilitas tubuh.
5. Meningkatkan kebugaran
Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang mudah dilakukan. selain itu membuat badan kita menjadi bugar dan percaya diri meningkat.
sekian kesan dan pesan gue dengan hobby baru gue yaitu bersepeda.

1 comments:

  1. hobi yg sehat, murah dan belakang ini jd semacam hobi yg "berkelas"...

    ReplyDelete

 

Total Pageviews