Labels

.

.
Powered by Blogger.

Sunday 24 February 2013

HASDUK BERPOLA : analisa poster Hasduk Berpola

       Salam sejahtera selalu, salam damai untuk dunia dan salam-salaman di hari lebaran, sebagai seorang anak baru yang sering galau dalam dunia blogger dengan segenap kerendahan hati dan usaha yang keras gue akan mencoba untuk menganalisa beberapa unsur-unsur dalam poster film Hasduk Berpola.
“Lest chek this out..”.
“monggoh di lihat..”
“silahkan disimak..”

            Dari segi warna tampilan poster film Hasduk Berpola, menapilkan warna-warna yang terang, dengan latar belakang merah putih, latar belakang merah putih ini melambangkan kemegahan dan keangungan diambil dari arti warna bendera merah putih, warna putih yang berarti suci dan warna merah yang berarti berani dengan maksud ingin menyampaikan pesan yaitu berjuang dengan berani didampingi dengan niat yang suci.
            Warna latar belakang yang lebih didominasi warna putih yang kontras membuat keterbacaan dalam poster tersebut sangat baik, dan dapat menonjolkan warna-warna lain yang terdapat dalam poster tersebut, selain itu arti warna putih secara umum adalah kemurnian, kepolosan dan kesederhanaan, dipadukan dengan gambar anak kecil memakai baju pramuka dengan pandangan ke atas pesan yang ingin disampaikan adalah nilai kepolosan dan kemurnian dari seorang anak kecil untuk menggapai cita-cita dan keinginannya serta pesan kesederhanaan yang terlihat dari gambar seorang kakek berkemeja putih yang sedang memegang biola.
            Poster Hasduk Berpola juga menampilkan gambar layang-layang dengan berbagai macam warna yaitu biru, ungu, kuning, hijau dan orange dan setiap warna-warna tersebut memiliki arti sebagai berikut:
Biru     : Persahabatan, harmoni dan kasih sayang.
Ungu    : Pengetahuan yang tersembunyi, empati, ambisi.
Kuning : Kebahagiaan, kegembiraan dan kehangatan.
Hijau    : Alami, pertumbuhan, muda, kesuksesan
Orange : Kehangatan, persahabatan.
Dalam hal ini menggunakan gambar layang-layang sebagai penghias tampilan poster Hasduk Berpola memiliki makna yang baik, makna dari gambar layang-layang ini selain merupakan permainan tradisional bangsa Indonesia juga mempunya makna lain yaitu :
1.  Layang-layang dapat dibuat dengan bentuk dan warna yang berbeda-beda, sesuai dengan keinginan yang memainkannya : warna dan bentuk itu dapat diartikan cita-cita, visi misi, tujuan hidup yang ingin digapai.
2.  Layang-layang dimainkan dengan cara diterbangkan, dimainkan dengan kepala tegak dan bukan dengan menunduk, bukan dengan wajah tertunduk tapi dengan menatapnya ke angkasa. kita harus terus menatap cita-cita, tujuan hidup atau visi misi kita ke atas yang telah kita terbangkan setinggi mungkin,
3.  Layang-layang untuk dapat terbang baik dan agar tidak terlepas maka layangan harus dibuat seimbang diantara sisi kiri dan kanannya. dalam menggapai cita-cita kita ada proses yang harus dilalui, proses tersebut adalah susah dan senang, dukacita dan sukacita,
4.  Agar tidak terlepas maka layangan harus diikat dengan menggunakan tali yang kuat. agar cita-cita kita bisa terwujud maka hati kita harus kuat.
                        Penegasan Tulisan judul film Hasduk Berpola dapat terlihat dengan menggunakan font size yang besar dan penggunaan warna merah, hasduk sendiri merupakan bagian dari seragam pramuka bisa disebut dengan setangan atau scraft, untuk di letakan di leher, dengan berpola merah dan putih melambangkan bendera merah putih.
          Poster Hasduk Berpola juga menampilkan gambar pemain-pemain dalam film tersebut hal ini dimaksud untuk memberikan informasi kepada masyarakat siapa saja yang membintangi film Hasduk Berpola, contohnya adalah petra sihombing hal ini dimaksudkan agar masyarakat dibuat penasaran seperti apa kemampuan petra sihombing dalam berakting sehingga menambah ketertarikan masyarakat untuk melihat film Hasduk Berpola yang akan dirilis tanggal 21 Maret 2013.
          Cukup Sekian penjelasan dari gue, apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan artikel ini mohon di maafkan, “namanya juga pemula….masih mula-mula dan suka malu-malu”. 

0 comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews