Labels

.

.
Powered by Blogger.

Wednesday 27 February 2013

Penyakit Hamster

               Mensana incorporesano didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, ada yang bilang sehat itu mahal apalagi kalo rumah sakitnya elite dan kesehatan tidak bisa di beli dengan uang,
“mungkin kalo kesehatan bisa dibeli ada yang jual sasetan gak ya..?”,
maka dari itu jagalah kesehatan karena sehat itu penting lebih penting dari uang, termasuk juga kesehatan si curut hias atau hamster, untuk menjaga agar hamster anda tetap sehat dan menggemaskan sebelumnya anda harus mengetahui penyakit-penyakit hamster dan cara penanganannya. Berikut akan dijelaskan jenis penyakit hamster dan cara penanganan-nya :

1. Flue Hamster
            Apabila hamster anda terserang Flu, dapat disebabkan oleh udara yang dingin dan lembab, Sangat penting untuk diingat, jangan pernah memandikan hamster Anda dengan air apalagi di steam salju. Salah satu sebab hamster terserang Flu adalah karena hamster dimandikan dan dipaksa diving dengan kedalaman dua meter. Dan jangan pernah juga memegang hamster Anda bila Anda sedang terserang Flu atau Masuk Angin karena hamster mudah terjangkit flu dari manusia.
“apa bila anda sedang flue dan ingin memegang hamster gunakanlah masker anti gas syaraf…”
“maka hamster anda akan aman dari flue….”
Gejala :
- Hamster sering bersin.
- Nafas Terasa Berat.
- Selalu duduk dalam posisi membungkuk.
Penanganan :
- Ditaruh ditempat yang kering dan hangat.
“peringatan jangan taruh di atas kompor atau dalam oven…bukannya sembuh malah jadi steak”
- Bisa ditambahkan madu dan susu hangat pada tempat minumnya
“harus sering diganti agar tidak mengundang perhatian semut….nanti hamsternya bisa kesemutan”.
2. Hamster ekor basah
            Hamster Ekor Basah atau dalam bahasa Inggris disebut Wet Tail “dibacanya pake L ya jangan ketinggalan nanti artinya jadi berubah..”, adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan dapat menyebabkan diare yang parah. Stress dan ketidak seimbangan diet dapat menjadi penyebab utama dari hamster yang menderita Wet Tail. Salah satu contoh hamster yang stress adalah pada saat perjalanan yang jauh dari petshop ke rumah, dan pada saat pindah rumah.
“mungkin stress pasca melahirkan seperti syndrome baby blue..”
“atau terus menerus melihat wajah anda yang cukup menyeramkan….”
Gejala
- Area sekitar anus hamster menjadi lengket dan basah.
“ingat pampers dan roti jepang bahkan yang ada sayapnya sekalipun tidak akan membantu sama sekali.”
- Bergerak lambat.
- Tidak mau makan.
Penanganan
- Cairan isotonic diberikan secara oral.
- Bawa kedokter hewan untuk hamster biasa disebut vetenarian.
3. Urine Merah
            Urine atau air seni yang berwarna merah dapat disebabkan oleh jenis campuran makanan hamster atau dari berbagai jenis pellet, santet dan guna-guna.
“ups sorry maksud gue pellet atau PK merah.”
Pada saat Anda melihat urine hamster Anda berwarna merah, jangan panik atau pergi ke warung membeli roti jepang karena hamster tidak datang bulan. pertama periksalah apakah penyebabnya dikarenakan oleh makanan kemasan hamster. Alasan lain dari urine hamster berwarna kemerahan, mungkin juga dapat disebabkan oleh karena kencing batu “bisa jadi isinya batu asahan..” atau infeksi pada kandung kemih.
4. Kecing Batu
            hamster yang mengalami kencing batu adalah adanya sedikit tetesan kencing darah yang keluar dari kelamin hamster.
Gejala
- Hamster akan kesakitan pada saat kencing dan
- Hamster akan terlihat lemas. “bayangkan pantat anda mengeluarkan batu yang encer aja bikin lemas apalagi yang mengkristal”
Penanganan
- Dengan memberikan daun Dandelion akan memperlancar pengeluaran air seni sehingga batu-batu yang ada di kandung kemih akan keluar.
- Mencampur sedikit garam meja kedalam botol minum atau menaruhnya sedikit kedalam makanan hamster.
- Tambahan sedikit jus buah kedalam air yang sudah tercampur dengan air akan membuat minuman menjadi lezat untuk diminum.
- Anda juga dapat memberikan sedikit sayuran dan makanan basah seperti roti yang sudah di rendam oleh cairan seperti jus buah.
- Memberikan hamster dengan ekstra vitamin C juga dapat membantu menyembuhkan hamster dari kencing batu.
5. Diare
            Hamster yang terkena diare dikarenakan oleh pemberian makan yang tidak benar atau tidak teratur dan sering juga dikarenakan oleh kandang yang basah dan becek gak ada ojek. Makanan yang sudah busuk atau air minum yang kotor serta pemberian buah dan sayuran yang berlebihan merupakan penyebab hamster terkena diare.
“menurut gue penyakit ini jarang terjadi karena gue yakin para pecinta hamster pasti merawat kandangnya dengan baik”
Gejala
- kotoran yang berwarna hijau, lembek dan ukuran kotoran (feces) yang besar atau ukuran yang tidak seperti biasanya.
- Berikan hamster Anda hanya makanan kering seperti roti bakar kering dan garing serta nasi.
- Ganti air minuman dengan Teh Chamomile atau teh hitam biasa yang hangat dan diganti dengan yang baru setiap tiga kali sehari selama dua hari.
6. Sembelit
            Sembelit di akibatkan oleh penyumbatan di usus besar. Ini bisa disebabkan oleh bedding yang termakan atau dikarenakan hamster kurang mengkonsumsi makanan yang berair seperti sayur dan buah-buahan.
Gejala
- Hamster akan terlihat sangat tidak nyaman atau sakit di sekitar perut dan akan berhenti makan.
Penanganan
- Coba berikan buah dan sayuran seperti Selada dan daun Dandelion sebagai tambahan
7.Ambeien
            Ambeien adalah suatu penyakit dimana sebagaian dubur hamster terlihat keluar dari anus. Masalah ini dapat diatasi oleh seorang vet yang ahli mengobati binatang-binatang kecil. Biasanya vet akan membius di bagian dubur lalu mendorong kedalam bagian dubur yang keluar lalu menjahitnya di sekitar anus untuk mencegah terjadinya Ambeien lagi.
8. Diabetes
            Diabetes biasanya dialami oleh Hamster Mini terutama Hamster Campbel. Diabetes biasanya turun menurun.
Gejala
- Hamster akan sering minum.
- Bulu yang rontok di sekitar perut dan tangan.
- Kencing yang berlebihan.
- Tidur yang berlebihan dan tidak seperti biasanya.
- Hamster menjadi keseringan bermain jogging wheel.
- Penurunan atau naiknya berat badan.
- Hamter sering gemetar.
Penanganan
Anda harus bisa menambahkan diet makanan yang berprotein ke dalam makanan hamster seperti Kacang Kedelai, telur rebus, dan keju. Dan sediakan selalu air yang bersih di botol minum untuk mencegah hamster terkena dehidrasi.
9. Stroke
            Hamster yang mengalami stroke, kadang hamster akan mengalami kepala yang miring dan selanjutnya hamster akan mulai berlari dengan berputar-putar. Stroke terjadi pada saat malam hari jadi gejala awal hamster terkena stroke bisa terlihat pada pagi harinya dimana hamter terlihat sangat tidak seimbang dan kepala hamster akan miring sebelah. Biasa stroke terjadi apabila umur hamster sudah sangat tua. Alasan lain mengapa hamster terkena stroke adalah mungkin disebabkan oleh suhu yang panas. Jadi sangat penting untuk meletakan kandang hamster di suhu ruangan antara 65F/18C dan 80F/26C.
10. Kutu Kulit
            Kutu kulit merupakan parasit yang sangat berbahaya. Kutu kulit pada hamster adalah parasit yang berbentuk seperti laba-laba, kutu itu bisa masuk ke dalam kulit hamster sehingga sangat sulit terlihat. Jika ada hamster yang terkena kutu dan hamster itu hidup berkoloni dalam satu kandang, maka seluruh koloni atau semua hamster yang berada satu kandang akan terkena kutu juga. Kutu-kutu itu juga dapat berjangkit kepada binatang lain, jadi bukan hanya hamster. Dan apabila Anda mempunyai anjing yang menderita karena kutu, jangan pernah membiarkan anjing Anda mendekati hamster, karena kutu anjing terutama yang mempunyai sayap dapat hinggap dan bersarang di kulit hamster sehingga hamster akan terkena kutu juga.
Penanganan
Gunakan spray anti-kutu khusus hamster apabila hamster Anda terserang kutu. Disinfektan seluruh kandang dengan mencuci dan menyemprot dengan spray anti-kutu. Tapi jangan menyemprotkan spray anti-kutu langsung kepada hamster, Anda dapat menyemprotkan terlebih dahulu ke sikat gigi atau cotton bud lalu usapkan menyeluruh ke badan hamster, sesudah itu keringkan dengan menggunakan tissue atau kain bersih yang kering.
11. Kutu Kuping
            Kutu yang bersarang di telinga hamster disebut Notoedres. Kutu ini bersarang dan hidup disekitar telinga hamster namun dapat menyebar ke sekitar wajah dan kaki hamster.
Gejala
- Kulit hamster yang terinfeksi kutu kuping ini akan menjadi tebal dan keras serta berwarna hitam.
Penanganan
- Gunakan Spray anti kutu kuping.
12. Kanker atau tumor
            Hamster dapat menderita benjolan yang semakin hari semakin besar dan sangat dianjurkan untuk segera menemui vet bila Anda sudah melihat tanda benjolan di sekitar badan hamster supaya benjolan itu bisa diatasi lebih dini sehingga tidak menjadi parah. Memang sangat disesalkan bahwa kanker dan tumor biasanya diakibatkan oleh inbreeding, yang adalah hasil pembiakan hamster dengan satu darah seperti kakak dan adik, ibu dan anak, ayah dan anak yaitu hamster yang berasal dari satu darah atau saudara selahiran yang dikawinkan. Hamster yang menderita tumor dapat hidup seperti biasanya namun hindari benda tajam atau benda-benda yang mempunyai sudut yang tajam. Semua benda-benda itu harus diambil dari dalam kandang karena benda-benda yang mempunyai ujung yang tajam dapat menyebabkan tumor pecah. Namun bila tumor itu pecah, olesi segera dengan minyak sayur seperti minyak Zaitun.
13. Kista
            Kista adalah benjolan yang berisi cairan. Kadang benjolan itu berisi udara atau cairan yang agak mengeras. Kista dapat menjadi besar dan biasanya kista timbul di dekat mulut bawah yaitu leher, dengan demikian hamster akan kesulitan untuk menelan bila kista semakin besar dan akibatnya hamster tidak bisa mengkonsumsi makanan.
Penanganan
Bawa hamster anda ke dokter venetarian. Pengobatan tersebut dilakukan dengan cara mengosongkan benjolan yang berisi cairan tersebut yang walaupun nantinya akan muncul kembali. Jika kista tersebut pecah, Anda dapat mengolesi dengan minyak Zaitun seperti prosedur pengobatan pada tumor yang pecah.
14. Hamster Kekurangan Protein
            Hamster yang kekurangan protein pada pola makanannya akan ada efeknya pada kesehatan hamster. Salah satu dampak hamster yang kekurangan protein adalah kuku hamster yang tidak kuat, kuku yang rusak atau patah, bulu yang rontok, pneumonia (radang paru-paru), tidak subur dalam hal pembiakan, serta pertumbuhan yang bermasalah terutama untuk anak-anak hamster atau hamster muda. Jadi berikan makanan hamster yang berprotein sangat bagus untuk kesehatan hamster. Protein dapat ditemukan di biji-bijian seperti kacang kedelai, keju, telur rebus, daging ayam dan sapi yang di kukus atau di rebus.
15. Kuku yang kepanjangan
            Potong kuku hamster hanya apabila kuku hamster sudah mulai melingkar atau menekuk ke dalam. Anda dapat membeli pemotong kuku untuk hewan kecil atau pemotong kuku untuk anak kucing dan anjing di petshop.
16. Gigi Hamster Kepanjangan
            Panjang gigi hamster normal adalah 15mm atau bahkan bisa lebih pendek. Gigi hamster terus bertumbuh jadi berikanlah sesuatu untuk di kunyah atau di gigit hamster seperti kayu yang bebas pestisida yang dijual di petshop, biskuit anjing, batu mineral untuk menjaga panjang gigi hamster tetap terkendali. Banyak hamster selalu menggigiti jeruji kandang supaya gigi hamster selalu runcing, tapi apabila hamster tidak mempunyai sesuatu untuk di gigit, gigi hamster akan mulai kepanjangan dan akibatnya gigi hamster akan menusuk mulut atau rahang hamster, sehingga hamster akan mengalami kesulitan untuk makan sehingga hamster akan mati kelaparan.
17. Glaukoma dan mata hamster lengket
            Bila hamster menderita glaukoma, di mata hamster akan terdapat kelebihan cairan sehingga hamster akan kehilangan penglihatannya. Efeknya hamster akan menggaruk matanya sehingga mata menjadi besar keluar dari rongganya. Hamster yang terkena glaukoma dapat disebabkan oleh tangan yang kotor pada saat memegang hamster, berkelahi atau dapat juga disebabkan karena memegang hamster terlalu kuat pada saat mengangkat hamster di bagian tengkuk atau atas leher.
Penanganan
- Bawa hamster ke vetenarian.
            Untuk mata hamster lengket, biasanya terjadi karena kotoran mata yang berlebihan akan membuat kelopak mata hamster menjadi lengket dan susah untuk di buka. Biasanya mata hamster akan terlihat merah. Penyebabnya adalah hamster alergi terhadap sesuatu benda, dari banyak kasus penyebabnya adalah bedding.
Penganannya
- Teteskan cairan Euphrasia di dalam air yang sudah direbus dan juga tetesan pereda sakit seperti Pulsatilla ke dalam botol minum hamster untuk meredakan mata hamster yang lengket.
18. Hamster obesitas
            Hamster yang obesitas terjadi karena kelebihan berat badan, yang diakibatkan oleh pemberian makanan hamster yang salah sehingga kesehatan hamster terganggu. Badan hamster akan terlihat sangat gemuk dan juga hamster menjadi sangat malas dan jarang sekali bergerak.
Penanganan
- Belilah alat permainan hamster seperti jogging weel dan bola hamster
19. Gangguan Pernapasan
            Gejala dari hamster yang menderita gangguan pernafasan adalah: terengah-engah, dan pernapasan hamster terlihat pelan dan kadang menimbulkan bunyi pada saat hamster bernafas. Dan juga hamster akan terlihat terengah-engah karena keletihan walau hanya olahraga atau bermain jogging wheel yang hanya beberapa menit.
Penanganan
- Jika terjadi infeksi pernapasan yang berkelanjutan, berikan antibiotik yang di anjurkan oleh vet atau dokter hewan.
20. Hamster lumpuh
            Hamster yang lumpuh diakibatkan oleh kecelakaan seperti jatuh dari ketinggian. Bila terjadi demikian Anda harus membiarkan hamster Anda sendirian di dalam kandang jauh dari gangguan dengan lingkungan yang tidak berisik sehingga hamster dapat kembali pulih. Dan jika hamster tidak mau makan setelah kejadian jatuh dari ketinggian dan lumpuh, Anda harus menyuapi hamster dengan makanan yang lembut dan lembek seperti makanan bayi atau Baby Food. Biasanya hamster yang lumpuh akan sembuh dengan sendirinya namun ada juga yang tidak dan malahan bertambah buruk keadaannya, kelumph.
21. Bulu Berminyak
            Hamster yang bulunya berminyak bertanda bedding kandang tidak diganti secara teratur. Mengganti bedding kandang sangat penting untuk menjaga kandang supaya tidak berbau. Bedding kandang harus diganti dengan yang baru setidaknya sekali seminggu. Untuk bahan hamster membuat sarang atau nesting lebih baik menggunakan tissue.
22. Hamster Terluka atau Memar
            Ada saatnya hamster terluka karena kecelakaan dan untuk mengobatinya dengan mengoleskan krim daun teh (Tea Tree Cream) pada luka atau di sekitar badan yang memar. Tea Tree Cream dapat dibeli di petshop atau di apotik bila tempat Anda tidak ada petshop.
23. Hamster Bengkak Bernanah
            Hamster yang mempunyai bentolan bernanah disebabkan oleh infeksi bakteri yang berkembang di dalam tubuh hamster akibat luka. Luka yang dikarenakan oleh perkelahian atau hamster yang jatuh dari kandang dan tergores. Gejala hamster yang menderita bentolan bernanah adalah pembengkakan yang semakin besar dan apabila pecah akan mengeluarkan cairan nanah yang sangat bau. Bentolan yang bernanah pada hamster dapat dikeringkan oleh vet. Setelah bentolan itu dikeringkan, bentolan itu harus sering-sering dibersihkan setidaknya dua kali sehari dengan antiseptik seperti Tamodine (Vetark Professional). Perawatan ini harus sering dilakukan guna memastikan bentolan bernanah itu tidak datang lagi.
24. Bentolan Tahi lalat
            Bentolan seperti tahi lalat pada hamster terjadi karena usia hamster yang sudah tua. Jika hamster sudah berumur lebih dari 1 tahun, secara Alami tubuh hamster akan mengalami beberapa perubahan seperti benjolan tahi lalat. Benjolan tahi lalat tidak berbahaya bahkan itu normal karena umur hamster yang menjadi tua. Hamster yang mengalami benjolan tahi lalat ini dapat hidup normal dengan makanan dan rutinitas yang teratur.
25. Hibernasi
            Hamster sangat nyaman pada suhu ruangan antara 18C/65F dan 26C/80F. Suhu yang tiba-tiba berubah drastis akan menyebabkan hamster hibernasi. Dan hamster yang hibernasi akan berakibat kematian. Jika Anda perhatikan secara seksama, hamster akan terlihat sulit bernafas dengan nafas yang sangat pelan. Untuk menghindari hamster yang mengalami hibernasi, pastikan kandang hamster jauh dari saluran atau pipa udara tempat angin keluar masuk. Jika hamster Anda tiba-tiba mengalami hibernasi, Anda harus segera meletakannya di tempat yang hangat. Letakan hamster di dalam akuarium dekat dengan lampu pemanas reptile atau lampu bohlam 15 watt karena cara ini terbukti ampuh dan aman untuk hamster yang hibernasi. Anda juga dapat meletakan dekat hamster botol yang berisi air hangat 30C/86F sekitar 1 atau 2 jam. Ulas-ulas hamster dengan sangat lembut. Itu sangat membantu hamster untuk bangun. Tambahkan gula pada makanan dan di dalam botol minum hamster. Ukurannya adalah 1 sendok teh gula untuk satu mangkok air. Beberapa saat kemudian hamster akan terlihat gemetar tapi itu normal dan bertanda hamster sudah membaik.
            Dan itulah penyakit-penyakit hamster yang gue tau, gak terasa pas selesai ngetik ternyata banyak juga penyakitnya.

0 comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews