Labels

.

.
Powered by Blogger.

Tuesday 5 August 2014

Mengatasi Kutu dan jamur pada hamster

          Hamster adalah binatang kecil yang temasuk dalam ordo rodentia, artinya hamster termasuk dalam binatang pengerat seperti tikus, kelinci, marmut dan koruptor. Hamster termasuk dalam jenis binatang pengerat yang mempunya bulu lebih banyak di bandingkan dengan tikus jadi terkadang saat musim ujan di daerah rumah gue tikus suka pake sweater.
            Menurut pengalaman gue sebagai papa hams, selain karena umur hamster yang semakin tua, kerontokan pada bulu hamster dapat di akibatkan oleh beberapa faktor antara lain adalah jamur dan kutu. Tumbuhnya jamur dan penyebaran kutu dapat disebabkan oleh kondisi lingkungan hamster yang kurang baik, contoh kondisi lingkungan hamster yang kurang baik adalah sebagai berikut : 
1. Kandang hamster yang bau dan lembab (ditambah pemilik hamsternya belom mandi).
2. Pemberian banding (serbuk kayu dan pasir) yang lebih sedikit dibandingkan jumlah hamster .
3. Kandang hamster yang basah.
4. Aksesoris hamster yang basah akibat kotoran serta air kencing hamster.
Beberapa kondisi yang sudah disebutkan di atas dapat menyebapkan tumbuhnya jamur dan kutu pada kulit hamster. Kandang dan peralatan bermain hamster yang basah dapat membuat bulu hamster menjadi basah dan bau. Pemberian minyak kelapa dan sampo anti kerontokan rambut hanya akan mengakhiri hidup hamster (sangat tidak disarankan).
Hamster yang terkena jamur dan kutu, bulunya akan rontok dan menyebabkan kebotakan pada hamster, apabila hamster anda sudah menjadi botak, saya sarankan untuk mengikuti wajib militer (just kidding), untuk hamster yang sudah terjangkit jamur atau kutu bisa disembuhkan dengan menggunakan obat anti jamur, bagi hamster pemula mungkin anda akan bingung dimana mencari obat anti jamur, namun tidak usah khawatir anda dapat menggunakan obat anti jamur kucing dan anjing, berikut contoh gambarnya:

Treatment pengobatanya adalah sebagai berikut :
1. Pisahkan hamster yang terjangkit jamur dan kutu pada kandang lain.
2. Siapkan sikat gigi bekas.
3. Semprotkan cairan anti jamur pada sikat gigi.
4. Oleskan pada kulit hamster yang terkena jamur dengan menggunakan sikat gigi.
5. lakukan sampai bulu hamster yang baru tumbuh.
6. Masa penyembuhan membutuhkan satu sampai dua minggu tergantung seberapa rajin anda mengobati hamster tersebut serta kondisi jamur yang diderita hamster.  
            Setelah bulu hamster tumbuh hal yang dilakukan selanjutnya adalah memberikan bedak anti kutu pada hamster, disarankan pengobatan dilakukan secara bertahap jangan memberikan cairan anti jamur dan bedak anti kutu secara bersamaan nanti hamsternya jadi mirip ayam ditempungin. Setelah itu lakukan treatment pencegahan.
Treatment pencegahan adalah sebagai berikut :
1. Bersihkan kandang hamster satu kali dalam seminggu (kalo bisa di steam).
2. Pemberian banding yang cukup untuk menjaga kandang hamster selalu kering.
3. Usahakan perlatan untuk bermain hamster selalu kering (bisa menaburkan bedak anti kutu).
4. Pemberian bedak anti Kutu pada hamster untuk menjaga bulu hamster agar selalu tetap kering. (oleskan dengan menggunakan sikat gigi).
5. Untuk bedak anti kutu dapat menggunakan bedak anjing dan kucing. Berikut contohnya:

6. Catatan: bedak anti kutu agak sedikit panas, jadi hati-hati dalam pemberian bedak anti kutu agar tidak mengenai mata dan hidung hamster.
            Merawat hamster awalnya memang sudah butuh perawatan yang lebih intens tapi apabila dijalankan anda akan merasa lebih susah, intinya nikmati dan jalankan dengan hati pasti jadi senang. Salam nyit-nyit.

9 comments:

  1. Replies
    1. maaf baru bales

      bisa kok nis, buat tikus rumah juga bisa

      Delete
  2. harga obatnya berapaan ya gan

    ReplyDelete
  3. Cek di Tokopedia juga ada 20-40an tergantung daerah masih masing :)

    ReplyDelete
  4. Maaf mau tanya jamur ditelinga Hamster itu apa berupa benjolan kya jerawat tp keras gitu,saya perhatikan ditelinganya tmbh bnyk ,obatinnya gmn y?

    ReplyDelete
  5. Mau nanya gan kalau pake bedak kutu sama anti jamur di bulu hamster kalau di jilatin mreka gppkah

    ReplyDelete
  6. Punya saya jamurnya dah parah

    ReplyDelete
  7. Mau nanya gan, hamster saya berjamur dan bengkak di bagian pantat kenapa ya?

    ReplyDelete

 

Total Pageviews