Labels

.

.
Powered by Blogger.

Monday 2 July 2012

Job fair yang tidak fair


Pertama‑tama perkenalkan nama gue Bagus Setyadi dari namanya gue orang yang cukup setia usia gue saat ini 22 tahun dan status gue lajang (Laki‑laki suka telanjang), kemarin tepatnya tanggal 20 Januari 2010 kampus gue ngadain acara JOB FAIR (bursa kerja) yang bertempat di derah keramat raya alamat lengkapnya pegadaian jalan keramat raya 162 jakarta pusat, gue baru pertama kali ikut acara ini jadi cukup bego juga, acara bursa kerja ini dimaksudkan untuk memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan atau sebagai ajang pengenalan terhadap jobdescriptin (bener gak ya tulisanya?) dan perusahaan namun diterima atau tidaknya ya….tergantung amal dan perbuatan.
            Acara ini menurut buku katalog yang gue pinjem dari temen gue (gue gak dapet karena telat dateng) terdapat 50 perusahaan yang ikut serta mulai dari perusahaan baru sampai ternama namun gue heran di dalam gedung yang tidak cukup luas ini bisa terdapat 50 perusahaan gimana caranya tuh apalagi mahsiswa dan alumni yang ikut serta cukup banyak kira‑kira puluhan orang apa nanti gak kayak lele dalam empang yang jelas butuh udara segar lebih banyak dengan keringat berbau macam‑macam bau (biar enak cium aja sendiri) namun yah kita lihat aja nanti.
            Waktu itu gue dateng pukul 11:15 jadi gue ikut yang sesi ke dua karena sesi pertama udah dimulai bayangkan sampai ada dua sesi segala berarti tempat dan jumlah peserta tidak imbang, saat gue lihat di sekitar gue orang‑orang lagi pada sibuk nulis alamat di surat lamaran dalam hati gue berkata untung gue udah nulis alamat dari rumah jadi gue saat sampai gak usah sibuk bisa santai‑santai, namun waktu dengan sombongnya gue Tanya temen gue apa yang mereka tulis ternyata gue salah itu adalah nomor kode perusahaan yang ingin dituju waduh ternyata kesombongan bisa menghancurkan segalanya maaf kan aku tuhan atas segala dosa ku.
            Gue jadi sibuk deh sekarang nulis kode dan awalnya gue cukup bingung karena gak punya katalog untung dengan kebaikan hati teman ku yang cantik jelita (kalau sendirian) gue jadi gak bingung, namun gak langsung gue tulis di atas amplop soalnya buat jaga‑jaga takut salah sekarang ini banyak racun informasi.
             Nunggu sesi kedua tuh lama banget karena dari panitia acaranya di undur sampai jam satu siang untung gue ditemani sama temen‑temen gue yang tiba‑tiba muncul dari mana entah datangnya namun gue liat sekilas mereka datang dari arah kerumunan orang yang antri di depan pintu masuk untung aja gue gak ikut antri di depan pintu masuk kayaknya panas banget disana.
            Sambil ngobrol‑ngobrol ngalor ngidul yang gak jelas gak lama temen gue yang masuk pada sesi pertama keluar dari tampangnya dia happy banget mungkin dia udah dapet perusahaan yang cocok sama kemauan dia atau ketemu cowo ganteng oh….mungkin juga dia lagi sakit perut senyum buat nyembunyiin kalau dia udah cepirit tapi bau gak pernah bohong mirip iklan kecap ya…
            Temen‑temen gue yang lain mulai pengen tau deh mereka melontarkan sejumlah pertanyaan seperti:
“seperti apa sih suasananya di dalam?”
“ngapain aja di dalam?”
“and gimana caranya masukin lamaran di setiap stand?apa ada aturannya?”
Nah dari pertanyaan yang terakhir ini gue jadi tau deh ternyata di dalam itu kita gak perlu bingung‑bingung harus bagai mana bersikap gak perlu kasih kode perusahaan dan ternyata ada perusahaan yang gak perlu amplop surat ho..ho…ho…ho untung aja gue gak nulis kode jawaban repot‑repot seperti yang lain ternyata telat gak semuanya bikin apes buat yang lain yang udah nulis cape‑cape sabar aja ya…. yang udah dateng pagi‑pagi nikmatin aja.
Waktu sebentar lagi pukul 01:00 siang sebentar lagi masuk, sholat udah, gaya biar rapih udah (sebenernya gak juga sih), makan…belum (gak ada duit) sekarang saatnya antri di depan pintu masuk cukup lama juga hingga akhirnya pintu ke buka dan gue bisa masuk ke dalam keadaan ini di akibatkan karena pintu masuk yang kecil tidak sebanding dengan jumlah peserta, dan tidak lupa satpam memberikan cap di tangan tanda peserta sudah masuk ke dalam ruangan (seperti masuk dufan).
Di dalam sempat bingung juga karena standnya banyak dan orangnya juga banyak gue liat malah lebih mirip Jakarta fair bedanya disini sedia lowongan bukan jual kerak telor, gue Cuma bawa empat lamaran menurut gue gak usah banyak‑banyak nanti juga jadi sampah dan prihatin hutan udah gundul, namun ada juga yang emang dari awal udah niat, contohnya teman gue yang satu ini, dia bawa sepuluh lamaran itu anak pengen cari kerja apa bagi‑bagi brosur tapi gue bersyukur ada dia karena gue jadi ada yang nemenin karena yang lain pada sama pasangannya masing‑masing dan kebetulan yang nemenin juga cewe he..he…jadi pasangan juga.
            Gak ada yang istimewa di acara itu ya….namanya juga job fair tapi kalau gue punya usul kenapa gak datengin band aja ya biar seru yah..minimal badut sulap atau dapet konsumsi nasi box minimal permen karet lah…, waktu yang disediakan semakin habis dan jumlah peserta di dalam ruangan juga berkurang, saatnya gue pulang nieh…yang pasti gue dapet pengalaman baru, mudah‑mudahan dapet pekerjaan dan bisa cuci mata juga dari pada di rumah bosen gue liat nyokap sama adek gue yang perempuan mukanya itu‑itu aja gak berubah‑ubah.

0 comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews