Labels

.

.
Powered by Blogger.

Monday 29 April 2013

Cara menjalankan PL SQL di notepad

        Berawal dari tugas LA (Laporan Akhir) yang menyebalkan, gue  nyari contoh menjalankan PL SQL di notepad tapi gak ada BLOG yang bisa di jadikan bahan referensi "sampah" terlebih lagi gue juga gak tau kata kuncinya apa "dan gue lebih sampah", belum lagi gue ngerjainnya sambil nahan PUP kontraksi stadium akhir, mata merah gigi kuning tanda udah mabok tokai, dikit lagi meledak di kamar gue, uedan tenann..........  
          Awalnya gue ngikutin cara asdos (asisten dosen) pada waktu praktikum tapi gagal di komputer gue, salah gue juga sih salah pilih lokasi waktu praktikum, kebetulan komputer yang gue tempatin pada saat itu rusak jadi gue cuma leha-leha cengengesan....., tapi gue akhirnya nemu solusi dan kalo mau tau sebelumnya harus dengerin curahan emosi gue dulu huaaaa.....ha...ha (atau bisa langsung ke halaman paling bawah)
awalnya gue kayak gini


SQL> conn system
enter password : (masukin password yang udah lo buat sendiri)
connected
SQL> edit coba.sql
karena tidak ada file dengan nama coba.sql di dalam Oracel maka akan muncul tampilan notepad dengan keterangan seperti gambar di atas, kemudian klik yes (pokoknya yes aja udah....), seharusnya pada judul nama file notepad disebelah kiri atas sudah berubah menjadi coba.sql tapi ini tidak berubah.
"loh kok begitu...?"
"padahal di praktikum langsung berubah dan tersimpan di tempat yang antah berantah..di dalam komputer".
tapi lanjut aja dah. gue mulai iseng-iseng nulis kode PL SQL

udah beres, sekarang gue coba save file tersebut, berhubung gue masih belum ngerti untuk menyimpan file tersebut dimana, gue coba simpen di G:\kampus\semester 6\praktikum 6\plsql, done, alhasil setelah gue buka di oracle comand line


"waaa...... kenapa ini ?" di tengah ke galauan sesaat gue teringat tukang es mambo, loh kok...!!!, bahkan waktu gue pengen edit filenya


EHHH ......dia malah minta buat file baru lagi, ini menandakan bahwa file yang kita buat tidak bisa di tarik oleh oracle atau kita salah mengetik syntak, gue mencoba untuk edit lagi, caranya bisa dengan mengetik

ed G:\kampus\semester 6\praktikum 6\plsql\coba.sql

cara ini berhasil untuk membuka file tersebut dalam halaman edit di notepad, namun tetap tidak berhasil unutk menjalankan file tersebut, yang gue buka dengan cara yang sama

@G:\kampus\semester 6\praktikum 6\plsql\coba.sql

lalu gimana caranya...? gue pusing setengah kebelet PUP dan ditengah badai pusing di dalam otak gue, baru sadar kalo gue salah penempatan penyimpanan file. ini solusinya, lakukan seperti cara di atas tadi



kemudian simpan dengan nama yang sama atau nama lain juga boleh, kao gue diganti pake nama pupdeh.sql, kemudian simpan di folder data mysql di XAMPP, kalo gue ada di C:\xampp\mysql\data, done, jadi anda harus menginstall XAMPP terlebih dahulu. lalu bisa di coba


akhirnya gue bisa meski sedikit terlambat ke kamar mandi, tapi ya sudahlah. nanti biar langsung gue bakar celana pendek gue ini.

3 comments:

 

Total Pageviews