Labels

.

.
Powered by Blogger.

Wednesday 20 March 2013

Makanan Hamster



        Banyak yang bilang hamster itu makanannya biji bunga matahari, memang sih hamster suka dengan biji bunga matahari, tapi untuk lebih tepatnya hamster itu suka dengan biji-bijian dan berbagai makanan lain sebagai tambahan, biar hamster kalian bisa lebih sehat dan tidak bosan dengan menu makanan yang itu-itu aja, gue pengen share berbagai jenis makanan hamster.
1. Kuaci
            Biji bunga matahari sangat disukai oleh hamster, namun karena mengandung lemak yang cukup tinggi pemberian berlebih bisa membuat hamster menjadi kegemukan dan tidak sehat. Biji bunga matahari bukan makanan pokok hamster walaupun bisa digunakan dalam campuran makanan pokok dalam jumlah yang sedikit.


2. Jagung
            Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin.

3. Kacang Tanah
            Kacang tanah mengandung lemak (40-50%), protein (27%), karbohidrat, lesitin, kolin, serta vitamin (A, B, C, D, E, dan K), juga mengandung mineral antara lain Calcium, Chlorida, Ferro, Magnesium, Phospor, Kalium, dan Sulphur. Protein yang terkandung dalam kacang tanah jauh lebih tinggi daripada yang terkandung di dalam daging, telur, dan kacang soya (kacang kedelai). Ia juga mengandung asam amino yang tinggi. Mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue. Kacang tanah juga mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Dalam 1 0ns kacang  tanah terdapat 18 gram Omega 3 dan 17 gram Omega 9.

4. Kacang Ijo
            Berdasarkan penelitian para ahli, zat gizi yang terkandung dalam kacang hijau terbilang kaya dan lengkap. Mulai dari kalori, karbohidrat, lemak, protein, serat makanan, aneka jenis vitamin—mulai dari vitamin A sampai vitamin K, air, dan aneka jenis mineral semacam boron, cobalt, besi, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, seng, terdapat di dalamnya. 

5. Beras
            Mengandung karbohidrat yang tinggi yang diperlukan oleh hamster

6. Kacang Kedelai
            Kedelai dikenal kaya akan sumber protein, selain itu kedelai juga mengandung asam amino arginin dan glisin bisa membantu menekan kadar glukosa menjadi energi. Kedelai juga mengandung isoflavon untuk penekan diabetes dan hipertensi. Selain itu kedelai juga bisa meningkatkan sistem imunitas dan mencegah obesitas.

7. millet
            Memiliki Hidrat Arang yang cukup baik, kandungan nutrisinya adalah:
Protein             11,3%
Lemak                4,2% 
Hidrat arang    60,5%.



8. Pelet
            Pellet merupakan makanan berupa konsentrat yang didalamnya terdapat berbagai macam kandungan seperti protein, vitamin, karbohidrat, lemak dan berbagai kandungan lain.Namun dalam memberikan pellet harus diketahui jumlah kebutuhan yang dibutuhkan oleh hamster.Karena rata2 pellet memiliki kadar protein yang tinggi, sebaiknya pemberian haruslah dengan porsi yang tidak banyak untuk mencegah kelebihan protein yang dapat berakibat negatif pada hamster.

9. Tauge
            Tauge/Kecambah merupakan pangan yang rendah kadar lemak, kaya vitamin C, kaya vitamin E serta memiliki folat dan protein yang dapat memperkecil risiko timbulnya penyakit kardiovaskular dan merendahkkan LDL dalam darah
        Tauge juga bisa digunakan sebagai makanan sapihan, makanan untuk bayi hamster yang mengalami masa peralihan dari mengonsumsi susu menjadi mengonsumsi makanan padat.Walau begitu tauge bukan makanan pokok dan hanya sebagai makanan selingan karena terlalu banyak memberikan makanan yang mengandung air dapat menyebabkan diare pada hamster.

10. Wortel
            Wortel adalah salah satu sayuran yang baik untuk hamster. Wortel mengandung zat zat yang dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Wortel juga baik untuk kesehatan mata, terutama pada hamster yang bermata merah. Hamster yang bermata merah mudah sekali terkena katarak. Pemberian wortel juga dapat di gunakan sebagai pengganti air minum, Namun tidak di sarankan mengganti air minum dengan wortel karena menyebabkan hamster terus menerus kencing dan kandang menjadi sangat bau.

11. oat meal
            Protein yang dikandung biji gandum terdapat asam amino non-essensial dan asam amino esensial. Asam amino esensial tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Asam amino esensial dari biji gandum yang akhir-akhir ini terus digali peranannya adalah triptofan. Triptofan ditemukan memiliki kadar yang paling rendah dari suatu protein sempurna. Peranan triptofan sangat penting untuk proses pemulihan penyakit yang berkaitan dengan stress.

12. telur rebus
            Telur Rebus adalah makanan kaya gizi yang berasal dari unggas yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Telur Rebus mengandung energi sebesar 154 kilokalori, protein 12,2 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 0 gram, kalsium 54 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 2,7 miligram.  Selain itu di dalam Telur Rebus juga terkandung vitamin A sebanyak 900 IU, vitamin B1 0,1 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Telur Rebus, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

13. brokoli
brokoli telah lama diketahui sebagai salah satu sayuran yang menyehatkan karena kandungan gizi di dalamnya. Sayuran itu tak hanya mengandung antioksidan termasuk vitamin C, brokoli juga merupakan sumber alami asam folat.Asupan asam folat membantu mencegah penyakit hati. Sayuran berwarna hijau juga berpotensi dan melindungi untuk melawan perkembangan penyakit kanker. 

14 apel merah
            Pepatah "Sebuah apel sehari membuat dokter pergi.", Menyikapi efek kesehatan dari buah Apel, berasal dari abad ke Wales 19.  Penelitian menunjukkan bahwa apel dapat mengurangi resiko kanker usus, kanker prostat dan kanker paru-paru.  Dibandingkan dengan buah lain dan sayuran, apel mengandung jumlah yang relatif rendah vitamin C, tetapi merupakan sumber yang kaya senyawa antioksidan lainnya.

15. Roti Tawar
            Roti gandum ataupun jenis roti tawar memilki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh
§  Kalori                    : sekitar 40-70 kalori per potong
§  Total Lemak          : 0,5-1 gram
§  Kolesterol              : 0 mg
§  Sodium                 : 90-130 mg
§  Protein                  : 1,5-3 gram
§  Zat Besi                : 4-8%



dari berbagai macam jenis makanan di atas anda tidak perlu memberikan semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kantong kalian, yang pastinya hamster lebih menyukai biji-bijian, dan selain itu merupakan makanan tambahan. selamat menikmati hidangannya.



















0 comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews