Labels

.

.
Powered by Blogger.

Thursday 14 March 2013

Analisa dan Perancangan sebuah sistem

               Dalam pembuatan sebuah aplikasi atau system dibutuhkan adanya analisan dan perancangan system informasi sebagai tahap awal sebelum melakukan implementasi system informasi atau aplikasi, hal ini dibutuhkan agar pembuatan atau pengembangan system dapat berjalan dengan baik dan suskses, dalam hal ini saya akan membuat sebuah aplikasi berbasis android dengan menggunakan OS ICS (ice cream sandwich), sebelum itu akan saya jelaskan pengertian mengenai analisa system informasi dan perancangan system informasi.
                Analisa system informasi adalah Penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikan.

                Perancangan system informasi adalah menyangkut estimasi dari kebutuhan-kebutuhan fisik, tenaga kerja dan dana yang dibutuhkan untuk mendukung pengembangan sistem ini serta untuk mendukung operasinya setelah diterapkan.
                Sebagai syarat untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer, dosen memberikan tugas untuk membuat atau merancanh sebuah aplikasi, website maupun system bebas tergantung dari minat mahasiswa, dengan persyaratan terdiri dari beberapa kelompok yang didalamnya terdapat tiga orang, kelompok saya mempunyai ide untuk membuat aplikasi read comic berbasis android.
                Tahap awal yang kami lakukan adalah menentukan aplikasi seperti apa yang akan kami buat, jenis dari aplikasinya, spesifikasi dan dengan menggunakan software apa kami membuat aplikasi tersebut, awalnya sangant sulit untuk menetukan aplikasi apa yang akan kami buat melalui beberapa ide akhirnya kami sepakat untuk membuat aplikasi membaca comic dengan berbasis android system, setelah kami sepakat dengan aplikasi yang kami buat kami mulai dengan mengumpulkan bahan dan data-data yang akan digunakan untuk membuat aplikasi tersebut.
                Bahan – bahan yang kami kumpulkan adalah comic yang akan dimasukan kedalam aplikasi tersebut, kami mulai mencari judul-judul comic dengan membaginya ke dalam beberapa kategori yaitu :
Horror, adventure, love, serial cantik, detective dan anak-anak
Kemudian kami membuat sebuah prototype awal sebagai gambaran dari aplikasi yang kami buat, pertama kami membuat dengan menggunakan software prototype just in mind disana kami mencoba untuk membuat tampilan awal dari aplikasi yang kami buat, berhubung aplikasi yang akan kami buat ini berbasis android maka kami mebuat prototyper yang akan digunakan di HP android, kmudian tools-tools yang ada pada aplikasi tersebut, bagaimana cara gambar akan muncul dalam aplikasi tersebut.
                Dalam pembuatan prototype design awal cukup mudah namun pada saat masuk ke design yang lebih rumit mulai muncul hambatan-hambatan, banyaknya tools-tools yang digunakan membuat aplikasi prototype bergerak menjadi lambat dan berat sehingga sulit untuk membuat design, pekerjaan menjadi lebih lama karena banyak waktu terbuang karena aplikasi yang lambat, kemudian banyaknya tools-tools dari aplikasi prototype yang tidak lengkap, dari hal tersebut kami mulai lagi berdiskusi bagaimana agar pekerjaan lebih cepat, pada saat itu kami mencari aplikasi prototype yang ringan dan tidak terlalu berat untuk di jalankan oleh computer, kemudian kami menggunakan balsamic mockup aplikasi prototype yang ringan.
                Ternyata aplikasi tersebut bekerja sangat baik dan mempunyai banyak tools-tools untuk menjadikan design lebih atraktif lagi, setelah design jadi kami meminta tanggapan dari dosen, setelah itu kami mulai membuat aplikasi tersebut, kami menggunakan eclips berikut adalah tahapan menginstal eclips.
Step by step Install Eclipse + Android SDK :

Install Eclipse dan Java JDK
1. Siapkan koneksi Internet ( lebih baik malam hari karena seringnya koneksi lebih cepat pada malam hari)
2. Download dan Install Java SE Development Kit ( JDK ) di sini
3. Download file Eclipse di sini ( Banyak yang menyarankan memakai Eclipse yang Classic )
4. Ambil rokok 1 batang , hidupkan atau bisa mencemil-cemil dulu karena file yang diunduh cukup besar . :D
5. Jika sudah terdownload dengan baik , extract file zip dari Eclipse tadi ke folder yang dirasa mudah dijamah / mudah digauli .
6. Eksekusi file Eclipse.exe dalam folder yang sudah diekstrak dan akan muncul tampilan Eclipse awal . Ketika ditanyakan menu workplace , pilihlah sesuai selera anda .

INSTALL PLUGIN ADT ECLIPSE
1. Langkah selanjutnya ketika Eclipse sudah terextract dengan baik adalah menginstall plugin ADT .
2a. Masuk ke Eclipse , pilih menu Help > Install New Software . Ketika menu Install muncul , klik button Add pada sudut kanan atas dialog . Pada dialog Add repository , masukkan pada kolom name : "ADT Plugin" ( Sebenarnya namanya tidak harus itu sih , biar keren aje ) . Lalu masukkan URL https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ . Klik Ok .
2b. Opsi lain adalah dengan download manual dulu ADTnya , lalu tekan button archive .
3. Pada dialog Available Software , pilih checkbox Developer Tools , kemudian kita gunakan metode anak kecil ketika menginstall game jadul . Klik Next dan Next , tunggu hingga selesai kemudian klik Finish . :D
4. Restart Eclipse
INSTALL ANDROID SDK
1. Langkah selanjutnya adalah install Android SDK .
2. Download file Android SDK di sini . ( Saya menyarankan pilih yang file .exe )
3, Install Android SDK tersebut ( kembali dengan metode anak kecil menginstall game jadul )
4. Sudah terinstall dengan baik , kembali masuk ke Eclipse pilih menu Window > Android SDK and AVD manager
5. Pilih checkbox Repository pada menu Sort by . Sedikit scroll ke bawah dan klik lagi pada checkbox yang bertuliskan https://dll-ssl.google.com/android/repository/...
6. Pilih button Install Package ( sebenarnya tidak harus semua package , tapi cari aman + enak aja ) selanjutnya tinggal Install dan persetujuan untuk di Accept aja .
7. Inilah fungsi film + cemilan / rokok . Karena saya yakin pasti lama downloadnya . ( kalo saya sendiri saya tinggal tidur dan ketika bangun pun ternyata masih belum selesai :3 )
8. Selesai ? bersyukurlah terlebih dahulu . :D

MEMBUAT ANDROID VIRTUAL DEVICE (AVD)
1. Pada kotak dialog Android SDKdan AVD Manager, pilih New
2. Isikan pada kolom name :
3. Pilih target Android versi berapa .
4. Langsung setelah itu tekan button Create AVD .

KONFIGURASI PLUGIN ADT
1. Jalankan Eclipse, pilih Window > Preference
2. Pada panel sebelah kiri , pilih Android
3. Pada SDK Location , klik Browse . Kemudian pilih SDK File yang sudah anda install .
4. Pilih salah satu platform Android , lalu tekan button Apply
5. Tekan button OK .
                Setelah terinstaal kami mulai membuat, tahap pertama yaitu pembuatan tampilan awal bisa dikerjakan, kemudian kami mulai mengalami kesulitan pada tahap kedua yaitu membuat tools-tools yang ada pada aplikasi dan memasukan data-data yang kami buat, selain itu kurangnya pemahaman kami dengan menggunakan eclips membuat pengerjaan menjadi lebih lama dari waktu yand diperkirakan. Sehingga kami coba untuk menyelesaikan dengan kemampuan kami yang ada walaupun tidak sampai selesai tapi kami sudah berusaha hingga tampilan awal dan tools-tools selesai dikerjakan pada waktu yang ditentukan

0 comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews