Labels

.

.
Powered by Blogger.

Wednesday 28 May 2014

Integrasi PostgreSQL dengan Codeigniter (Programer Koplak)

         Kebutuhan akan penggunaan system database pada sebuah aplikasi sudah menjadi kebutuhan yang mendasar. Database sekarang ini sudah menjadi penunjang bagi aplikasi dan system, keterkaitan antara database dan aplikasi itu bisa di ibaratkan seperti lo beli DVD film MIYABI di glodok, kemudian pas DVD-nya diputar ternyata isinya teletubies lagi jogged-joged, pasti jengkel banget. Sudah jarak dari depok ke glodok jauh, diparkiran  duit abis kena palak preman, handbody satu botol jadi gak kepake. Hal ini bisa terjadi juga pada system aplikasi, database dengan performa yang kurang baik akan mempengaruhi aplikasi, sehingga terdapat defect pada aplikasi tersebut yang menyebabkan menurunnya nilai dan harga dari sebuah aplikasi.
            Sebenarnya gue males nulis kerjaan kantor di BLOG, tapi sekali-sekali boleh juga nulis yang berguna biar keliatan pinter kayak blog-blog lain yang isinya pada COPAS, berawal dari sebuah project, gue terpaksa jadi belajar menggunakan framework PHP yaitu CI (codeigniter) dan system database yang digunakan adalah Postgresql, kenapa…?, postgreSQL untuk error messagesnya deskriptif dan helpful. Selain itu, untuk pengguna unix/linux dan command line, postgreSQL lebih cocok karena memiliki integrasi yang baik dan desain yang baik juga.

            Membicarakan hal yang serius itu membosankan, bosan membuat gue mulai mengantuk, gue lebih suka langsung praktek dan menuju pada pokok permasalahan, sebelum gue tertidur dan merusak keyboard dengan tetesan iler yang mengandung amoniak. Gue mencoba sharing bagaimana integrasi database postgresql dengan framework CI.
            Gue menggunakan XAMPP sebagai server local, framework php CI (codeignier), dan database Postgresql 9.1.
download disini :

1. Install Postgresql 9.1
            Lo bisa menggunakan postgresql fersi berapa aja, kalo gue kebetulan pakai yang 9.1,kenapa...?dari pada gue pake yang gaya 6.9 beda lagi "posisi" instalnya. Install postgresql di dalam folder XAMPP, berikut adalah pengelamatannya foldernya:



setelah di install akan menjadi


Klik postgreSQL 9.1 .exe


masukan pengalamatan instalasi sesuai infromasi di gambar sebelumnya :



masukan password yang lo inginkan, kemudian simpan dalam memory otak. kalo gue dikertas karena memory otak gue mirip RAM (random acces memory) yang kalau aliran listriknya putus datanya ilang, kalo gue setelah bangun tidur datanya ilang.

2. Perubahan yang dilakukan pada XAMPP
            Masuk ke C:\xampp\php, cari file bernama php.ini atau hanya php saja, hilangkan tanda titik koma pada script :
;extension=php_pgsql.dll
;extension=php_pdo_pgsql.dll menjadi 
extension=php_pgsql.dll 
extension=php_pdo_pgsql.dll kemudian save.
            Setelah itu copy file (libintl-8.dll, libiconv-2.dll, libpq.dll) dari folder ini diperlukan agar tidak terjadi pesan eror pada saat menjalankan apache xampp. catatan: ingat yang dirubah adalah script, bukan keyakinan agama anda


Menuju folder


3. Perubahan pada CI (codeigniter)
            Ubah pada koneksi database.php CI masuk pada folder :



              Integrasi selesai, kemudian jalankan codeigniter pada locahost, apabila ada pesan error database tidak terkoneksi maka instalasi masih kurang benar pada computer anda, pastikan anda sudah membayar sedekah 2,5% dari rezeki anda, minta maaf kepada orang-orang yang sudah anda sakiti, bayar kreditan motor yang sudah menunggak, stop belli DVD bajakan dan jangan lupa restu kedua orang tua atau anda bisa masuk ke startmenu -> postgresql -> pgadmin, pastikan database postgresql anda sudah terkoneksi dengan memasukan password yang sudah anda buat pada saat instalasi postgresql.
Belum tekoneksi, klik dua kalo pada postgreSQL 9.1 kemudian masukan password


Sudah terkoneksi

             Sekian sharing dari gue (programmer koplak), ada juga beberapa artikel yang gue baca menggunakan aplikasi tambahan phppgadmin yang dapat diakses melalui localhost, kelebihannya hanya tampilan yang lebih friendly sehingga mudah digunakan, gue gak masukin cara instalasinya dalam artikel ini karena menurut gue gak begitu mempunyai kegunaan lebih, gue sendiri lebih enak menggunakan script sql untuk create, alter, drop dan lain-lain biar gak lupa hahaha, semoga bermanfaat dan semoga menurut kalian postingan ini berguna amiiinnn.

1 comments:

  1. Your PHP installation does not support PostgreSQL. You need to recompile PHP using the --with-pgsql configure option.

    ini gue harus apa ?? bantuin dong mas,
    email gue vaniarbaini@gmail.com

    ReplyDelete

 

Total Pageviews