Labels

.

.
Powered by Blogger.

Tuesday 29 April 2014

Tipes dan horrorsinasi cek darah

          Baru saat ini gue mendapatkan hikmah dari sekian banyak kondisi sakit yang pernah gue alami. Kalu mau dihitung, sudah enam hari gue ngedekem di rumah karena penyakit tipes, di tambah lagi trombosit gw yang berada di posisi pas-pasan. Meski hal ini merupakan sebuah prestasi diluar dari nilai-nilai ujian matakuliah gue yang sama pas-pasanya, tapi sakit itu jelas gak enak bro.
          Selain trombosit gue yang pas-pasan, urat nadi di tangan kanan and kiri gue udah di perawanin sama jarum suntik alias di "ncus", kata yang ncus, darahnya di ambil buat sampel yang nantinya akan dipakai sebagai solusi dari penelitian pemberantasan hama babi di kalimantan. Gak deng, nantinya darah gue diambil buat di periksa untuk mengetahui sakit apa sebenernya gue ini, jadi gak perlu pake darah gue buat penelitian pemberantasan hama babi.

          Sakit tipes itu gak enak, gak bisa bebas bergerak, serba salah deh pokoknya. Kebanyakan gerak badan gw panas, kebanyakan mikir badan gw juga tambah panas pengen mikir di dalem kulkas nanti di sangka jualan es mambo.
          Meski ini bukan debut pertama gue mengalami penyakit tipes, tapi kok yang sekarang ini kayaknya berat banget penderitaan gue. Dulu gue pernah ngalamin gejala tipes juga dan beberapa penyakit lainnya seperti mimisan upil, ketombe loncat, cacar panu kronis, dan tau gak bro buat nyembuhin cacar panu pernah tiga hari gue di karantina di kamar sambil berendam di air kapur dengan rebusan daun sirih, beruntungnya saat itu nenek gue yang dari jawa tidak datang berkunjung, kalo dia dateng bisa kisut kulit gue di emut-emut buat bersihin gigi.
          Tapi meski sakit parah saat itu hidup gue santai-santai aja. (Santai kayak dipantai), lalu kenapa saat ini kok rasanya beda ya, atau mungkin penyebab kenapa penyakit tipes yang gue alami saat ini kok terasa berat banget berpengaruh dengan status gue yang JOMBANG jomblo banyak ngarep....ngarep pengen balikan lagi sama mantan.
"Buat mantan gue yang baca tulisan gue ini please balikan lagi sama gue."
"Gue janji bakal sering mandi dan mulai belajar cebok pake tangan kiri"
"Gak main kejar-kejaran lagi sama tikus"
"Gak bakal tusuk-tusuk pantat kucing betina pake ujung lidi"
"Please ya please"
          Maybe itu salah satu kenapa gue ngerasa sakit tipes kali ini berat banget, kebanyang terus ngarep dirawat sama si doi. Tapi mau bagaimana lagi. Kejadian ini mungkin mirip seperti slogan yang pernah gue baca di salah satu madding sekolah SMPN 3 (sekolahan adek gue). “Jagalah keberishan” (gak nyambung kayaknya).
          Gue mulai ngerasa badan gue sakit, setelah gue selesai sepedaan pagi-pagi di area kampus UI depok, yang dirasain waktu itu kepala gue pusing dan mata agak berkunang-kunang, kaki kejang gara-gara gak kuat genjot ditanjakan, tenggorokan mulai kering karena gue lupa bawa air minum (apes banget hari itu), tapi intinya hari itu gue ngerasa cepat lelah pada saat bersepeda, biasanya gue gak semudah itu. (because I’m sporty man).
          Di kampus badan gue tiba-tiba semakin panas, telapak tangan gue mulai dingin dan mata gue udah gak bisa ngeliat tulisan dosen yang ada di papan tulis “oh maaf ternyata gue lupa pake kaca mata”, tadinya sempat berpikir gue pindah duduk ke pojok ruang kelas dan kalau bisa duduknya disamping cewe, jadi kalo gue pingsan atau pura-pura pingsan minimal gue dapet bonus pelukan hangat *ho…ho…ho.., (merasa mesum), tapi apes ternyata yang duduk dipojokan semuanya cowo yang satu agak alay melambay yang satunya lagi cowok tomboy yang macho, masa gue pingsan dalam dekapan hangat si macho
‘tidaaaaakkk…….!!!!!’ Teriak dalam hati.
lagi pula gue belum berpikir buat memulai hubungan dengan temen gue sendiri.
          Setelah jam istirahat badan gue semakin gak beres dan itu berpengaruh pada tingkah laku gue yang semakin aneh, saat itu tanpa sadar gue menjulurkan lidah buat ngejilatin hidung gue “persis Si bruno kalo lagi manja minta di elus-elus sama tuannya”, (tapi gue gak pake ngeces), gue baru tersadar setelah tangan si macho nepuk pundak dan berbisik lembut ditelinga gue
“Gus kenapa lo, mikir jorok ye” tegur si macho,
dan sebelum si macho mendaratkan dekapan hangatnya ke pundak gue, segera gue putuskan ke parkiran motor untuk pergi ke dokter.
          Selama perjalanan yang ada didalam benak gue saat itu hanya “cek darah…..cek darah….ce darah”, sebenarnya ini salah gue juga. Karena sudah dari beberapa bulan yang lalu dokter udah kasih saran ke gue untuk segera cek darah, namun, gue-nya aja yang masih bandel selalu nolak buat di cek darahnya (intinya guet takut sama jarum).
          Gak butuh waktu lama untuk sampai di klinik tempat gue berobat, karena memang  lokasinya gak begitu jauh dari kediaman gue, setelah mendaratkan motor diparkiran klinik, dengan langkah sedikit gontai gue menuju loket administrasi, beruntungnya hari itu yang datang berobat lagi sedikit jadi gak butuh waktu lama buat dipanggil sama dokter dan naasnya hari itu dokternya dateng jadi gak butuh waktu lama sebentar lagi gue bakal ditusuk, eh salah, disuntik maksudnya.
‘bagus setyadi’ panggilan dari mba..mba recepcionist
          Mampus nama gue dipanggil, sejenak gue berpikir : ‘apakah ini jalan yang benar buat mengkhiri hidup gue yang singkat ini’ (sindrom takut jarum suntik sudah mulai menggila), tapi udah gak ada pilihan lain kalau mau sembuh satu-satunya jalan gue harus cek darah.
‘kreeettt’ bunyi suara pintu ruang dokter yang dibuka.
‘siang…..silahkan duduk’ sapa dokter, waktu itu dokternya cewe.
‘siang dok..’ gue bales nyapa.
          Seperti biasa dokter mulai ngasih pertanyaan-pertanyaan standar, seperti : keluhannya apa, sakitnya kapan, sudah minum obat apa, mau dikubur dimana (loh?).
‘kalau begitu bisa coba tiduran sebentar’ perintah bu dokter.
          Yang ada dipikiran gue saat itu : Haaaa… gue harus tiduran disini, sekarang!!!. Tapi dok, kita kan baru kenal dan saat ini gue masih perjaka apakah kita harus ngelakuin ini diruang dokter. Wow gila liar banget ini dokter fantasinya. Sial kaki gue gemetar gak bisa jalan. Tenang bagus tenang be gentel ini lah saatnya membuktikan bahwa dirimu bukan homo.
‘ayo mas….nanti biar saya periksa, kok malah bengong!!’ dengan suara tegas.
‘oh…em…iya bu dokter sebentar’ gue berkata gugup.
          Dalam hati gue : oh mau diperiksa toh, bilang dong dari awal. Ternyata yang fantasinya liar itu gue sendiri.
          Tidak butuh waktu lama buat meriksa badan gue karena dari muka gue juga udah keliatan seperti mayat hidup, dari hasil pemeriksaan, dokter sendiri belum bisa memastikan gue terjangkit penyakit apa. Jadi untuk lebih pastinya dokter menganjurkan untuk segera cek darah di Lab dan akan dipanggil lagi ke dalam ruangan setelah diketahui hasilnya. (gue kira yang nusuk gue nanti adalah dokter eh taunya bukan).
          Sampai di depan ruang lab langkah gue berhenti sejenak, tiba-tiba gue ngerasa kepala seakan berputar, badan tehuyung-huyung lemas, emosi jadi labil, mata berkunang-kunang dan tangan terasa berat buat ngebuka pintu (singkat kata gue terkena stress mendadak mau disuntik).
          Dalam hati gue menatapkan niat : ‘gus lo harus sembuh, masih banyak orang yang lagi nunggu lo karena belum dilunasin hutangnya’, teringat hutang yang menumpuk malah jadi ingin mati. Dengan segenap tenaga akhirnya pintu itu pun terbuka.
‘siang mas….silahkan duduk’ sapa asisten lab.
‘iya mbak makasih’ gue menjawab sambil duduk.
‘mau chek darah ya..?’ Tanya asisten lab dengan senyuman mengeringai mirip iguana.
‘iya mba’ dalam hati udah emosi karena stress “HELLLOOOOOO……..!!!!!!, ya iya lah gue mau cek darah, emang keliatannya gue kesini mau nonton konser cerry bell apa”.
‘tangannya diluruskan……..telapak tangan dikepal mas..’ perintah asisten lab sambil memegang suntikan.
          Aduh itu jarum lancip banget, pikiran tambah tidak tenang (semakin stress), gue berusaha mengalihkan pandangan gue dari jarum suntik supaya gue gak nambah tegang. Berdasarkan buku yang pernah gue baca dan sudah menjadi best seller di dalam dunia perbukuan dengan judul “berkomunikasi dengan JIN dan setan”, mengalihkan pandangan merupakan cara yang baik untuk mengalihkan rasa takut dengan setan (bagi gue jarum adalah setan), karena panik pandangan gue tertuju pada benda apa saja disekitar ruangan lab, pandangn gue akhirnya terhenti pada cairan kuning (kebetulan suka warna kuning) berlendir dalam toples bening diatas rak kaca dengan tulisan “urine”.
‘sudah mas..’ tegur asisten lab.
          Wow sudah beres, strategi pengalihan pandangan ke arah toples “urine” berhasil dengan sukses, berkat pengalihan pandangan gue jadi gak ngerasain sakitnya di suntik, tapi, sekarang yang gue rasain adalah mual pengen muntah.
‘silahkan ditunggu ya mas…’
Gue cuma diam seribu bahasa nahan muntah.
‘mas….mau kemana uangnya belum dibayar’ tegur asisten lab.
Gue cuma diam seribu bahasa mikir gimana caranya kabur (udah gak ada duit lagi).
          Tiga puluh menit kemudian gue dipanggil lagi untuk masuk ke dalam ruang periksa. Dokter mulai menjelaskan secara menyeramkan hasil dari pemeriksaan sampel darah, menurut hasil pemeriksaan sampel darah gue dinyatakan sebagai hasil dari pembuahan dua anak manusia, yaitu nyokap dan bokap gue (gak deng yang ini bercanda), gue dinyatakan positif gejala tipes ditambah trombosit rendah dan tekanan darah yang menurun. Kata dokter ini baru gejala jadi masih dalam masa aman, namun yang dikhawatirkan adalah trombosit yang dalam posisi rendah (takut ada gejala DBD).
          Saran dokter gue harus makan-makanan yang halus, seperti : bubur, nasi tim, bubur beras, semen putih, lem kayu dan lain-lain, sebelum beranjak pergi gue sempat bertanya :
‘dok…kalau tipes itu, karena radang usus ya..?’ pasang muka bego.
‘gak juga….itu Cuma efek terparahnya saja’ kata dokter dengan muka serius.
Gue diam aja, masih dengan muka yang keliatan tambah bego (gak ngerti), hati gue berkata : “bersyukur itu hanya efek samping dan hanya radang usus.”
‘selain radang usus bisa juga gagal jantung, radang usus kronis dan sampai menyebabkan kematian’ dokter berusaha menjelaskan karena keliatannya gue gak ngerti.
Gue masih diam, tapi gue mulai mecium aroma kematian.
‘kok bengong mas….. gak apa-apa Cuma efek samping terparahnya aja kok’ kata dokter dengan ramah.
Kali ini gue diem sambil mangap, sekilas itu wajah dokter jadi mirip Lucifer apakah ini halusinasi.
‘kalo gitu makasih dok…’ sambil bergegas keluar pintu lanjut pulang kerumah.
          Tapi bro dari sini gue bisa dapet pelajaran. Pelajaran pertama apabila di ruang dokter jangan coba bertanya tentang penyakit lo karena gue yakin itu sama sekali gak akan ngebantu, biarkan yang ada terjadi apa adanya. Dan ke-dua jangan alihkan pandangan anda dengan toples bening berisi urine, 100% memuakan.

1 comments:

 

Total Pageviews