Labels

.

.
Powered by Blogger.

Wednesday 26 June 2013

Tugas 3 Bahasa Indonesia 2

1. Mengapa fungsi komunikasi bahasa disebut fungsi dasar?Mengapa pula disebut fungsi utama?
Komunikasi merupakan akibat yang lebih jauh dari ekspresi diri. Komunikasi tidak akan sempurna bila ekspresi diri kita tidak diterima atau dipahami oleh orang lain. Dengan komunikasi pula kita mempelajari dan mewarisi semua yang pernah dicapai oleh nenek moyang kita, serta apa yang dicapai oleh orang-orang yang sezaman dengan kita. Sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan saluran perumusan maksud kita, melahirkan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan sesama warga. Ia mengatur berbagai macam aktivitas kemasyarakatan, merencanakan dan mengarahkan masa depan kita, maka dari itu bahasa bisa disebut sebagai fungsi dasar dan fungsi utama.

2. Sebutkan contoh 3 alat komunikasi social yang bukan bahasa dan sebutkan fungsinya?
bunyi kentongan
asap menunjukkan bahaya kebakaran
alarm untuk tanda segera berkumpul
bedug untuk tanda segera melakukan sholat
telepon genggam untuk memanggil orang pada jarak jauh
simbol – tanda stop untuk pengguna jalan, symbol laki-laki dan perempuan bagi pengguna toilet.
Gambar yang menunjukkan jalan
Suasana gemuruh kentongan dipukul tanda ketika ada bahaya
bunyi alarm (suasana tanda bahaya gempa bumi / bencana alam)

3. Bahasa Indonesia mempunya empat jenis definisi yaitu definisi nominal, definsi formal, operasional dan luas jelaskan emapt definisi tersebut dan tuangkan jawaban dalam sebuah teks dengan topic teknologi informasi atau yang berkaitan dengan bidang studi kalian?
a. Definisi Nominal
Definisi ini terutama digunakan di dalam kamus, baik kamus satu bahasa (seperti Kamus Umum Bahasa Indonesia), maupun di dalam kamus dwi bahasa, seperti kamus (Bahasa Inggris - Indonesia), dan kamu setimologi.
Contoh :
Sistem  adalah suatu kesatuan.
Informasi adalah hasil pengolahan data.
b. Definisi Formal
Definisi formal atau defines logis merupakan batasan ilmiah yang kerap kali digunakan di dalam karangan ilmiah. Di dalam definisi ini, suatu istilah dikeluarkan dari genus dan spesiesnya. Dengan demikian, untuk dapat membuat definisi formal, kita harus memiliki pengertian dan prinsip-prinsip klasifikasi. Suatu definisi formal selalu terdiri dari dua ruas (bagian), 
Contoh :
Sistem  adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen - komponen.
Informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan manfaat bagi penerimanya.
c. Definisi Operasional
Definisi operasional menunjukkan kepada kita apa yang harus kita lakukan dan bagaimana melakukannya, apa yang akan diukur dan bagaimana mengukurnya.  
Contoh :
Sistem  adalah kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu organisasi untuk mencapai suatu tujuan.
Informasi adalah hasil pengolahan data suatu organisasi yang dapat memberikan manfaat untuk digunakan suatu keperluan organisasi.
d. Definisi Luas
Definisi ini merupakan uraian panjang lebar; mungkin satu paragraf, satu bab, atau bahkan meliputi seluruh karangan. 
Sistem merupakan kumpulan dari sub-sub sistem, elemen-elemen, prosedur-prosedur yang saling berinteraksi, berintegrasi untuk mencapai tujuan tertentu seperti informasi, target, dan tujuan lainnya. sedangkan Informasi merupakan data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi pengguna dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan manfaatnya dalam keputusan-keputusan yang akan datang.
Menurut Tafri D. Muhyuzir Sistem Informasi adalah data yang dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah satu kesatuan informasi yang saling terkait dan saling mendukung sehingga menjadi suatuin formasi yang berharga bagi yang menerimanya.Atau dalam pengertian lain, SistemInformasi merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang  membentuk satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses dan menyimpan serta mendistribusikan informasi.

4. Bacalah surat kabar dan majalah, cari dan temukan paragraph argumentasi yang deduktif dan induktif..?
Argumentsai Deduktif
Terlalu prematur untuk mengatakan bahwa gaya tiki-taka yang menjadi cirri khas spanyol sudah usang, kemenangan 2- 1 atas la furia roja atas Uruguay dalam laga perdana mereka di group B piala konfederasi pada senin (17/6) membuktikan bahwa gaya permainan yang mengadalkan operan bola dari kaki ke kaki itu masih ampuh. Hal ini diakui sendiri striker Uruguay Luis suarez, menurut pemain Liverpool tersebut, terlalu naïf jika dikatakan gaya tiki-taka sudah kehilangan tuahnya, sebab ia sudah merasakan sendiri betapa sulitnya menembus pertahanan tim besutan Vicente del Bosque tersebut.
Media Indonesia (rabu,19 juni 2013). 
Argumentasi Induktif
Bintang muda Malaga isco mengaku belum memutuskan masa depannya iya masih ingin berkonsentrasi membela timnas spanyol di ajang piala Eropa U-21, meski begitu bukan berarti tidak ada tawaran yang menarik, setidaknya sudah ada dua klub raksasa eropa yang terang-terangan ingin meminangnya kedua klub tersebut ialah Real Madrid dan Manchester City.
Media Indonesia (rabu, 19 Juni 2013)

5. Cari dan temukan paragraph atau wacana campuran : deskripsi, narasi, argumentas, baik yang deduktif maupun induktif ?
Wacana campuran induktif
Teknologi adalah desain untuk tindakan instrumental yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab-akibat yang terlibat dalam mencapai hasil yang diinginkan. Teknologi biasanya memiliki dua aspek yaitu aspek perangkat keras ( terdiri dari materi atau benda-benda fisik) dan aspek perangkat lunak ( terdiri dari basis informasi untuk perangkat keras ). Kedua aspek tersebut penting untuk penggunaan praktis komputer, tetapi karena perangkat keras lebih terlihat oleh pengamat kasual, maka kita akan berpikir teknologi utama adalah perangkat keras.
Teknologi komunikasi dalam masyarakat modern seperti Amerika Serikat. Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras, organisasi, struktur dan nilai-nilai sosial yang digunakan individu untuk mengumpulkan, memproses dan bertukar informasi dengan individu lainnya. Selanjutnya, yang lebih penting adalah sifat dan bagaimana fungsi media baru bagi sebagian besar orang untuk bertukar informasi. Pada kenyataannya teknologi komunikasi baru tidak hanya ditandai dengan adanya teknologi tunggal baru seperti mikrokomputer dan satelit, tetapi menggabungkan elemen-elemen dari jenis komunikasi baru seperti menggunakan satelit untuk memberikan berbagai wid dari programming untuk sistem televisi kabel. Contoh teknologi komunikasi baru yaitu telekonferensi jaringan, elektronik sistem, papan buletin computer, dan televise kabel interaktif.
Komunikasi satelit terdiri dari pesan telepon, siaran televisi dan pesan lain dari suatu tempat di permukaan lain. Satelit ini biasanya diletakan di stationer atau di sekitar khatulistiwa sekita 22.300 mil dari permukaan bumi. Pada dasarnya, transmisi satelit televise, telepon dan informasi lain menghilangkan pengaruh jarak pada biaya komunikasi.
Rogers, Everet M. Communication of Technology, 2006.
Wacana campuran deduktif
Reinhold Haux menyebutkan "Achievement of six most important (medical informatics) sub fields" dalam artikel Aims and Tasks of Medical Informatics yang diterbitkan International Journal of Medical Informatics pada tahun 1997 3, yang mencakup bidang-bidang. Sistem informasi kesehatan, dokumentasi medis, pemrosesan signal medis, pemrosesan citra medis, pendukung diagnosis dan terapi berbasis pengetahuan, bioinformatika molekular.
Lima poin penilaian pencapaian informatika kesehatan oleh Sittig dan Haux:
Pertama. Sistem informasi kesehatan (poin 1 Haux) direpresentasikan pada sistem informasi rumah sakit yang sangat kompleks. Selain untuk mendukung kepentingan manajemen untuk tujuan efisiensi dan pelaporan, sistem informasi rumah sakit juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap pasien. Kedua. Dokumentasi medis (poin 2 Haux) mencatat seluruh data penting yang didapat selama pasien dirawat. Informasi pada medical documentation digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan medis, penelitian dan aspek legal. Ketiga. Dengan ditemukannya perangakat pemrosesan citra medis (poin 4 Haux), seperti Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan Positron Emission Tomography (PET), kemampuan mendeteksi adanya kelainan kecil pada jaringan secara non invasif menjadi lebih baik. Selain untuk mendiagnosa, medical image processing juga telah diaplikasikan pada proses terapi, semisal perencanaan dosis radioterapi dan panduan bagi minimal invasive surgery.
Keempat. Melalui pemodelan dan representasi pengetahuan, knowledge-based support of diagnosis and therapy (poin 5 Haux) dimanfaatkan untuk membantu klinisi dalam menegakkan diagnosa dan memilih terapi yang tepat. Pada awal pengembangannya, sistem pendukung berbasis pengetahuan tersebut dikembangkan untuk tujuan khusus, semisal MYCIN sistem pakar diagnosa penyakit infeksi dan umumnya sistem tersebut berdiri sendiri, seperti QMR, DxPLAIN (poin 5 Sittig). Pada perkembangan selanjutnya, sistem pendukung keputusan klinis telah terintegrasi kedalam sistem informasi rumah sakit (poin 3 Sittig).
Kelima. Molecular bioinformatics (poin 6 Haux) mengembangkan algoritma, teknik komputasi dan statistik untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ditemui pada analisis data biomolekular. Kemampuan komputasi yang ada saat ini dapat digunakan untuk melakukan analisis sekuen DNA, mencari gen pada suatu genom, menandai dan melakukan perbandingan genom, serta meprediksi struktur protein. Salahsatu pencapaian penting bioinformatics adalah Human Genome Project (poin 10 Sittig). Dengan melakukan interpretasi dari data lengkap genome manusia, akan dapat diidentifikasi gen-gen penyebab penyakit dan kelainan, seperti kanker, penyakit Alzheimer, fibrosis kistik, dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews