Labels

.

.
Powered by Blogger.

Thursday 8 November 2012

Tugas Bahasa indonesia diksi dan pilihan kata


  Salah satu fitur penting system operasi linux yang sering terlewatkan oleh para developer atau mereka yang mempelajari bidang IT adalah keberadaan source code yang bebas untuk dikutak-katik. Masih banyak pengembang yang belum melihat harta karun terpendam ini. Apalagi, kita sering dinina-bobokan dengan mudahnya membuat perangkat lunak tanpa melihat bagian yang rumit ini. Belum lagi sifat “minder” kita yang merasa belum mampu menjamahnya.

            Posisi saya di Universitas Gunadarma sebagai Koodinator Kerjasama Luar Negeri menyebabkan saya berinteraksi dengan perusahaan atau industry di LN yang membutuhkan kerja sama pengembangan ataupu SDM. Terlihat sekali developer yang memiliki pengetahuan bahasa C dan kernel merupakan SDM yang sangat dicari. Sayangnya, mencari SDM dengan penguasaan teknis yang detail seperti kernel dan yang terampil dengan program C. sangatlah langka. Mahasiswa masih perlu didorong-dorong untuk memepelajari kernel/ salah satu cara mendorong adalah mewajibkan mereka memakai Linux lalu, setelah itu mengajak mereka mengompilasi kernel, mem-patch, dan baru mengkutak-katik kernel.
            Biasanya mahasiswa yang akrab bergaul dengan kernel memiliki banyak sisi positif. Kecendrungan mereka tidak takut mulai mempelajari kernel dan memprogram dengan C.
            Aspek pedagogis seperti inilah yang seharusnya menjadi pertimbangan di dalam memilih platform di dunia pendidikan. Bukan saka karena platform tersebut akan mendorong dan menarik minat eksplorasi lebih dalam. Tanpa takut melanggar hokum.
            Apalagi saat ini banyak perusahaan yang memiliki aplikasi membutuhkan kustomisasi di tingkat system operasi, ataupun di tingkat stack jaringan. Missal ketika suatu system membutuhkan kendali Quality of Service (QoS) dengan detail. Kernel Linux yang memiliki banyak fitur modern dan terbuka untuk di pahami penerapan fitur tersebut (karena tersedia source code nya), menjadikan suatu sarana ampuh bagi pengembang untuk masuk ke dunia industry yang sesungguhnya.
            Memang bila developer berpatokan dari iklan lowongan kerja, sepertinya tidak banyak industry yang membutuhkan penegtahuan kernel, menulis device driver, atau optimasi jaringan di aras rendah. Tetapi sesungghunya kebutuhan tersebut banyak dan besar, terutama di industry-industri seperti mobile devices, network applicances dan data warehouse applicanes sangat membutuhkan orang-orang yang memiliki pemahaman teknis di tingkat kernel ini. Tentu saja jarang sekali mereka mengiklankan ini di iklan lowongan kerja, tetapi bukan berarti tidak ada posisi tersebut.
            Perusahaan pembuat perangkat mobile devices seringkali membutuhkan orang-orang yang memahami cara membuat devices driver. Pengembangan kernel Linux menyediakan know-how yang dalam tentang bagaimana menulis devices driver. Kernel Linux dan sistem Linux telah menyediakan suatu sarana yang lengkap untuk mendalami hal ini dengan mengetahui teknologi-teknologi yang bakal menjadi teknologi mainstream di mana 3 – 5 tahun mendatang. Siapa yang butuh tantangan? Bongkarlah kernel Linux.
AnalisisDiksiPadaArtikel
Menurut kelompok kami, diksi atau pemilihan kata pada artikel ini sangat jelasmaksudnyadansangat informative untuk dipahami maksudnya.Bahasa yang digunakan juga terlihat baku dan sesuai denganl ingkup bahasan. Tema, judul, dan juga isi dari artikel juga begitu sesuai sehingga mampu menghasilkan kalimat-kalimat serta alinea-alinea yang koheren. Dengan kata lain, menurut pendapat kami artikel ini mempunyai struktur dan tata bahasa yang nyaris sempurna.
Hanya saja ungkapan tiada gading yang tak retak pun berlaku disini. Ada satu kata yang meskipun kata tersebut tidak diganti , pembaca kami yakini masih sangat mengerti maksud dari keseluruhan isi artikel ini. Yaitu kata kutak-katik pada kalimat “Lalu setelah itu mengajak mereka mengompilasi kernel, mem-patch, dan baru mengkutak-katik kernel.” Yang sebaiknya diganti dengan mengutak-atik saja agar sesuai dengan ketentuan ejaan yang berlaku atau dapat dibilang lebih baku.
Kelebihan:
Kami rasa secara materi dan teknik pemilihan kata pada artikel ini sudah sangat bagus. Dengan banyaknya istilah asing dan kata serapan yang dipakai sehingga memicu pembaca untuk menggali lebih dalam maksud dari setiap kalimat dan diksi pada artikel. Selain itu tingkat kesesuaian judul dan tema terhadap isi sangat sesuai dan diperjelas dengan kalimat-kalimat yang detail dan mendalam terhadap topik yang dibicarakan.
Kekurangan:
Dengan pilihan kata yang digunakan dan juga kesesuaian isi dengan judul, maka menurut kami artikel ini dapat dibilang sebagai artikel yang koheren. Dengan kata lain isi dari masing-masing paragraph sangat berkaitan dan saling mendukung satu sama lainnya. Hanyaadasatu kata saja yang menurut kami kurang baku karena tidak sesuai dengan ketentuan ejaan yang berlaku saat ini.
*)  DikutipdarimajalahinfolinuxedisiJuli 2011 halaman 12

 

0 comments:

Post a Comment

 

Total Pageviews